in ,

Galeri Kecamatan Sungai Kakap

Oleh:Ambaryani

Kantor Camat Sungai Kakap tampak berbeda beberapa tahun terakhir. Terutama sejak pepohonan besar di tepi jalan tumbang. Sebagai warga yang secara administrasi tercatat di dalam kependudukan Kecamatan Kakap, kesan lama kantor camat bagi saya adalah rimbun. Teduh. Walaupun sekarang sudah ada pohon pengganti yang sudah ditanam langsung oleh Bupati Kubu Raya Muda Mahemdrawan, Ketua Penggerak PKK Rosalina, beserta jajaran saat HKG PKK Kabupaten Kubu Raya medio 2019 lalu.

Perjalanan ke Kecamatan Sungai Kakap 11 Maret 2020 lalu, menambah kesan berbeda pada kantor yang sudah dipimpin oleh Camat Rusdeti. Dan hampir seluruh tim yang turun hari itu, sepakat mengangkat 2 jempol untuk Kecamatan Sungai Kakap yang sudah memiliki galeri sejak Februari lalu.

Konsep yang diadopsi dari tampilan kantor bupati Kubu Raya yang kini tampilannya kian menanjak. Begitu masuk kantor, pandangan langsung tertuju pada galeri yang memajang hasil kerajinan UMKM masyarakat Sungai Kakap.

Ada beberapa kerajian dan makanan olahan. Tas dari bahan dasar tempurung kelapa yang menjadi komoditi andalan masyarakat Kakap pada eranya. Ada juga bakol dan besek bambu, tempat tisu, lekar, pot bunga dan tempat buah dari rotan, bunga hand made. Makanan ringan yang mengisi rak pajangan galeri, ada sirup limau sambal, kue semprit, merege, ulat sutra, kue bawang, peyek, keripik pisang, kue kap dan beberapa olahan lain. Tidak hanya di depan pintu masuk saja yang didesain menjadi tempat pajangan. Menurut Staf Tata Usaha Kecamatan Kakap, Muh Nuh, di ruangan camat juga dibuat hal serupa. Sayang hari itu saya tidak sempat melihat langsung ruangan Camat. Angkat topi untuk penggagas dan eksekutor hingga kantor camat Kakap tampil beda dengan adanya galeri ini. Mantap. (*)

Berbagi itu indah:

Antusiasme SMAN 7 Pontianak terhadap Sosisalisasi Coronavirus

My Memorable Year