Home > Berita > Gerakan Penghijauan di Taman Bermain Anak

Gerakan Penghijauan di Taman Bermain Anak

teraju.id, Purnama Agung VII – Pengurus RT 07/7 Purnama Agung VII bekerjasama dengan Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Pontianak dalam gerakan penghijauan. Yakni dengan gerakan penanaman pohon trembesi di Taman Bermain, Minggu, 19/3/17 pagi.

Ketua RT 07, Siswadi menggerakkan warga kompleks Pondok Agung Permata Blok VW dan XY sekira 40-an warga dewasa hadir dan bergotong-royong membersihkan kompleks terutama di taman bermain anak. Lokasi berdampingan dengan Taman Kanak-Kanak yang berada di dalam kompleks.

Gotong royong dimulai pada pukul 07.00. Walaupun hari mendung tidak mengurangi semangat warga untuk mulai bekerja. Sementara mesin potong rumput juga sudah menderu sejak pukul 08.00 agar hasil kerja semakin tampak nyata. Gotong royong berakhir pada pukul 10.00.

“Kami mengerahkan segenap kemampuan dalam gerakan penghijauan ini. Dan lokasi yang kita pilih sebagai penanaman bersama BLH, Camat dan Lurah Parit Tokaya di Taman Bermain Anak,” ungkap Siswadi yang juga RT teladan dalam bidang administrasi di Kelurahan Parit Tokaya tahun 2016.

Baca Juga:  Kapolda Kalbar: Penghijauan Cegah Bencana Alam

Menurut Siswadi, kerjasama dengan BLH adalah bagian dari kerjasama yang bersifat lintas sektoral. Selain itu juga bentuk pembinaan Pemerintah Kota Pontianak kepada RT. Adapun lokasi yang digunakan yakni Taman Bermain Anak sebagai lokasi yang memang diperuntukkan bagi terwujudnya Taman Bermain Anak tersebut sebagai ruang terbuka hijau dan merupakan program inisiatif warga.

Hadir dari BLH untuk penanaman trembesi itu wakil Kepala BLH H Dadang, Camat dan Lurah Parit Tokaya, Kartini. “Kami senang melihat warga kompak dan lingkungan terawat asri. Program kreatif masyarakat selalu kami dukung,” ungkap Kartini. Sementara H Dadang mengingatkan aturan pengembang kompleks peruahan agar memenuhi ruang terbuka hijau sebesar 5 persen dari luas areal. RTH tersebut penting untuk keindahan dan kesehatan lingkungan. (Nuris)

IMG_20170321_165007_321

Berbagi itu indah:

Tulis Komentar

comments

About Nur Iskandar

Hobi menulis tumbuh amat subur ketika masuk Universitas Tanjungpura. Sejak 1992-1999 terlibat aktif di pers kampus. Di masa ini pula sempat mengenyam amanah sebagai Ketua Lembaga Pers Mahasiswa Islam (Lapmi) HMI Cabang Pontianak, Wapimred Tabloid Mahasiswa Mimbar Untan dan Presidium Wilayah Kalimantan PPMI (Perhimpunan Pers Mahasiswa Indonesia). Karir di bidang jurnalistik dimulai di Radio Volare (1997-2001), Harian Equator (1999-2006), Harian Borneo Tribune dan hingga sekarang di teraju.id.

Check Also

“Kontribusi Masyarakat Adat untuk Indonesia”

Siaran Pers Koalisi Masyarakat Sipil Kawal RUU Masyarakat Adat teraju.id, Jakarta, 25 Februari 2020 – …

teraju.id