in ,

Google News Inititative Gelar Training Cek Fakta

teraju.id, Labkom IAIN – Google News Initiative bekerjasama dengan Internews dan Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Wilayah Kalbar pada Minggu, 8/12/19 menggelar training cek fakta dalam rangka memerangi musuh berita fitnah, bohong alias hoaks. 25 peserta mengikuti kegiatan ini berasal dari kalangan pers dan akademisi.

Kundori selaku Ketua AMSI Kalbar mengatakan bahwa persiapan pelaksanaan kegiatan merupakan bagian dari program kerja AMSI Kalbar yang bersekretariat di Kampoeng English Poernama. Semua sudah disiapkan di Labkom IAIN Pontianak dan diikuti 25 peserta dari kalangan pegiat pers maupun pengajar di berbagai kampus.

Tampak hadir sebagai peserta Kepala Kantor Berita Antara, Teguh Imam Wibowo, Pemred teraju.id, Nur Iskandar, Ketua AMSI Wilayah Kalbar dan petinggi media online ataupun media cetak se-wilayah Kalimantan Barat. Sementara instruktur berasal dari Harian Kompas, Jakarta yang sudah terverifikasi sebagai instruktur Google News Initiative.

Instruktur Google, Aswan di awal pelatihan mengatakan bahwa keterampilan cek fakta ini sangat penting bagi kalangan pegiat pers karena menjadi sokoguru di lapangan dalam hal verifikasi. Keterampilan melihat kebenaran terutama yang merebak lewat platform digital beradu kecepatan detik perdetik sehingga perlu diasah kemampuan dan keterampilannya.

Pelatihan diawali dengan pre-test secara online dan ditutup dengan post-test. Sepanjang kegiatan sejak pukul 08.00 hingga 16.00 padat dengan praktikum. (kan)

Berbagi itu indah:

One Comment

Loading…

0

Perjuangan Menjadi Duta

Pakem-Jogja yang Eksotis