in ,

“Gunakan Waktu”

jam.1

Oleh: Anwari*

Di hari yang cerah ini, sudahkah kita beraktivitas dengan baik? Kala kita lapang di hari libur ataupun tidak ada kegiatan apapun, sudahkah kita gunakan waktu kita untuk beraktivitas?

Ingat wahai kawan, hidup hanyalah satu masa, yang tidak akan terulang kembali. Jadi bagaimana kita menggunakan waktu itu dengan sebaik mungkin untuk hal yang sekiranya bermanfaat di masa akan datang.

Tentunya kita semua pernah melihat orang-orang di luar sana tidak bisa melakukan apapun, tidak bisa beraktivitas karena keadaan mereka yang terbatas; bisa saja mereka sakit atau apapun itu. Mereka bukan tidak mau beraktivitas. Mereka sangat ingin akan itu.

Wahai kawan, mereka yang keadaannya tidak memungkinkan dengan kekurangan, mereka masih menggunakan waktu dengan sebaik mungkin. Terus apa kabar dengan kita yang memiliki keadaan sempurna– sehat, segar, bugar.

Kalau kita memikirkan soal capek dan lelah, semua orang memilikinya dan mengalaminya. Jangan kira hanya kita yang punya masalah sehingga tidak bisa gunakan waktu. Orang di sekitar kita juga mengalami hal itu. Bisa jadi lebih dari kita masalah yang mereka alami.

Allah menciptakan dunia ini hanyalah untuk beraktivitas untuk mengelola alam ini dengan baik. Siapa yang mengelola? Ya kita. Allah menunjukan alam inI kepada nabi Adam, mengenalkan berbagai macam tumbuhan semua isi alam ini tujuannya hanya untuk gunakan dengan baik.

Begitupun dengan waktu. Dunia ini memang tempatnya kita untuk lelah. Kalau tidak ingin lelah, ya jangan lahir ke dunia.

Binatang saja beraktivitas. Kita semua tahu burung, ‘kan? Bagaimana dengan burung, pagi dia berangkat mencari makanan untuk anaknya. Kita yang punya akal sehat malah kalah dengan hewan. Pastinya kita tidak mau ‘kan dikatakan hewan.

الوقت من الدين waktu itu ibarat adalah emas. Pastinya kita semua menginginkan emas bukan.

Semoga lambat laun ke depannya kita menggunakan waktu dengan baik. Marilah kita rubah diri ini. Kalau bukan sekarang, kapan lagi?

Semoga dengan nasehat yang singkat ini bisa membuka hati kita semua sadar terutama saya pribadi. Mudah-mudahan Allah memberikan kesehatan buat kita semua dan menggerakkan hati kita untuk bisa melangkah ke tempat yang lebih baik lagi. Kita hanya bisa berdoa dan berusaha, teruslah berjuang. Pantang menyerah untuk mencari ridho allah SWT dan syafaat baginda kita nabi Muhammad SAW.(* Manajemen Dakwah, FUAD )

Written by teraju.id

IMG 20191102 161821 764

Belajar Menulis Deskriptif: Peserta Mendadak Diminta Menulis Berita

WhatsApp Image 2019 11 03 at 19.16.55

Wisata Tanam Padi di Parit Keladi