in ,

Hari Ini Dialog Sastra Cinta Damai, Pas untuk Menjawab Sikon Kalbar

IMG 20170518 054218 193

teraju.id, Pontianak – Pagi ini, Kamis (18/5/17) kegiatan dialog sastra cinta damai akan digelar FKPT-Forsas di Hotel Star. “Tema yang kita angkat dari BNPT/FKPT bekerjasama dengan Forum Sastra (Forsas) Kalimantan Barat adalah Sastra Cinta Damai, Cegah Paham Radikal,” ungkap Ketua Panitia Kegiatan, Pdt Daniel Alpius, M.Th.

Tema di atas sangat mengena dengan situasi kebangsaan saat ini termasuk Kalbar. Demikian karena wilayah dan daerah kita ini tak terlepas dari konteks politik, sosial, ekonomi dan budaya yang bersifat lokal, nasional, maupun internasional.

Di Kota Pontianak telah hadir, narasumber pusat, masing-masing budayawan kesohor Joko Pinurbo yang akrab disapa Mas Jokopin. Juga sastrawan yang pernah mengabdi di Majalah Mingguan Tempo, Mas Eka Budianta. Karya sastra keduanya luar biasa sehingga banjir penghargaan nasional dan internasional.

Melalui kehadiran dua narasumber pusat ditambah narasumber lokal, Drs Yokobus Kumis, SH dari Dewan Adat Dayak dan Drs Musfeptial, M.Si peneliti sastra dan bahasa Balai Bahasa Kalbar kita berharap dapat membuka cakrawala warga, bahwa sastra itu indah dan berpotensi merekatkan kohesi sosial anak-anak bangsa di mana sekarang rentan retak. Termasuk meningkatkan toleransi, sekaligus menepis pengaruh radikal-terorisme. Hal ini amat sangat dibutuhkan oleh bangsa Indonesia yang beragam agama, suku, bangsa dan bahasa.

“Dalam persiapan kegiatan ini kami berusaha berbuat yang terbaik. Mengundang lebih kurang 130 anggota komunitas seni-budaya, dan karya untuk apresiasi sastra,” tambah Daniel anggota FKPT yang juga FKUB Kalbar ini. (Nuris)

Written by Nur Iskandar

Hobi menulis tumbuh amat subur ketika masuk Universitas Tanjungpura. Sejak 1992-1999 terlibat aktif di pers kampus. Di masa ini pula sempat mengenyam amanah sebagai Ketua Lembaga Pers Mahasiswa Islam (Lapmi) HMI Cabang Pontianak, Wapimred Tabloid Mahasiswa Mimbar Untan dan Presidium Wilayah Kalimantan PPMI (Perhimpunan Pers Mahasiswa Indonesia). Karir di bidang jurnalistik dimulai di Radio Volare (1997-2001), Harian Equator (1999-2006), Harian Borneo Tribune dan hingga sekarang di teraju.id.

IMG 20170518 054157 356

POM Teken Kesepakatan dan Tunjukkan Marwah Melayu Tinggi, tapi Tetap Dukung Aksi 205

IMG 20170518 133103 222

Sikap Intoleransi akan Luntur dengan Sastra, Hidup Harmonis akan Subur dengan Sastra