Home > Berita > Sultan Hasanal Bolkiah Stir Jeep Monitoring Bandar Sri Begawan

Sultan Hasanal Bolkiah Stir Jeep Monitoring Bandar Sri Begawan

teraju.id, Brunei – Orang nomor satu di Brunei Darussalam, Sultan Hasanal Bolkiah dikenal dekat dengan rakyatnya. Ia mengendarai jeep warna hitam, bertopi dan tampak rileks, Sabtu, 2/3/19 sore.

Melintasi kawasan Gadong, daerah di mana istana negara berada, pengawalan Sultan tidak berlebihan. Tidak ada bunyi sirine atau lampu tembak yang dinyalakan. Sementara petugas di depan pintu masuk istana bersiap menyambut dengan membukakan pintu pagar istana.

“Istana Sultan tidak nampak di atas karena gedungnya di bawah tanah,” kata Aris Purwanto dari Kedutaan Besar Republik Indonesia yang biasa masuk ke istana Sultan untuk acara kenegaraan. Luas istana Kesultanan Brunei adalah terbesar di Asia Tenggara atau kedua terbesar di dunia setelah China.

“Jalan raya yang kita lewati sebenarnya melintasi atas bangunan istana,” kata Aris. Luas istana Sultan 200.000 meter persegi. Di dalamnya terdapat 700 unit mobil koleksi Sultan. “Beliau memang kolektor mobil. Ada beberapa mobil terbuat dari emas,” lanjut Aris.

Kedekatan Sultan Hasanal Bolkiah dengan rakyatnya tidak hanya terlihat seperti hari akhir pekan kemarin di mana Sultan hanya berbaju kasual, menyetir kendaraan sendiri, menggunakan kecepatan sedang, yakni sekitar 40 km/jam, tetapi istimewa pada hari raya Idul Fitri. “Istana dibuka untuk umum. Sultan menerima tamu dengan menerima salam mereka satu persatu,” lanjut Aris. Wabil khusus istimewanya, bagi pengunjung istana di hari raya Idul Fitri, untuk yang janda disantuni dengan nilai mencapai Rp 10 juta. Hal serupa bagi masyarakat awam, juga mendapatkan santunan sekira Rp 2 juta.

“Hidup di Brunei banyak mendapatkan subsidi. Pajak dikenakan kecil sekali. Untuk setiap kendaraan berkisar Rp 300-600 ribu rupiah saja. Yang mahal itu asuransinya,” kata Aris

Kedekatan Sultan kepada rakyatnya diceritakan Aris lebih dalam lagi. Bahwa Sultan Hasanal Bolkiah yang kini berumur 73 tahun itu biasa tampil di pasar rakyat. Biasa pula membawa helikopter sendiri. “Beliau yang jadi pilotnya. Hebat beliau itu,” puji Aris.

Di usianya yang tidak tergolong muda lagi, Sultan ke-29 yang banyak melakukan reformasi bagi Kesultanan Brunei telah menunjuk anak laki-laki pertamanya, Muhtadi Billah sebagai Putra Mahkota. Muhtadi Billah yang menyandang gelar doktor dari London kini berumur 45 tahun serta bakal menjadi Sultan Brunei ke-30.

Atas kepemimpinan Sultan Hasanal Bolkiah yang dekat dengan rakyatnya, sekaligus piawai di bidang hukum, banyak universitas hebat dunia menganugerahinya gelar Doktor Honoris Kausa. Salah duanya adalah Universitas Indonesia dan Universitas Gajahmada. (Nuris)

Berbagi itu indah:

Tulis Komentar

comments

About Nur Iskandar

Hobi menulis tumbuh amat subur ketika masuk Universitas Tanjungpura. Sejak 1992-1999 terlibat aktif di pers kampus. Di masa ini pula sempat mengenyam amanah sebagai Ketua Lembaga Pers Mahasiswa Islam (Lapmi) HMI Cabang Pontianak, Wapimred Tabloid Mahasiswa Mimbar Untan dan Presidium Wilayah Kalimantan PPMI (Perhimpunan Pers Mahasiswa Indonesia). Karir di bidang jurnalistik dimulai di Radio Volare (1997-2001), Harian Equator (1999-2006), Harian Borneo Tribune dan hingga sekarang di teraju.id.

Check Also

Mencari Damai untuk Duta Damai

Oleh: Yusriadi Rancangan kegiatan dan format pelaksanaan pemilihan Duta Damai Kalbar oleh Konsorsium Pusat Media …