in

Jaksa Goes to Kampus, Memperkenalkan Institusi Kejaksaan kepada Mahasiswa FH UM Pontianak

ump.3

teraju.id, Pontianak, – Rabu, 17 Maret 2021 bertempat di Aula Lantai 3, Kampus Universitas Muhammadiyah Pontianak diadakan Program BINMATKUM 2021, kegiatan Jaksa Goes to Kampus. Dengan menggunakan Protokol Kesehatan secara ketat, dan peserta dalam jumlah setengah dari kapasitas ruang aula tersebut, agenda Kuliah Umum ini berjalan sebagai program resmi institusi Kejaksaan Republik Indonesia.

Kuliah Umum dengan tema “Peranan Kejaksaan dalam Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi” ini mendaulat secara tunggal Narasumber Drs. Chandra Yahya Wello, S.H., Asisten Intelijen Kejaksaan Tinggi Kalimantan Barat, keberadaannya juga sekaligus mewakili Kepala Kejaksaan Tinggi Kalimantan Barat.

Dalam riwayat pengalamannya sebagai Penegak Hukum di institusi Kejaksaan, Chandra Yahya Wello pernah menjadi Kasi Pidum di Kejari Cibinong, Jaksa Fungsional di Jam Pidsus Kejaksaan Agung, Kepala Kejaksaan Negeri Raha, Kepala Kejaksaan Negeri Subang, dan banyak lainnya. Kini, sudah tiga tahun dia menjabat sebagai Asisten Intelijen Kejati Kalbar sejak tahun 2018.

Dalam Kuliah Umum yang dilaksanakan tempo hari lalu, Asintel Kejati Kalbar itu beserta jajaran bertandang sebanyak lima orang. Sedangkan pihak kampus UM Pontianak, agenda dihadiri dan dibuka oleh Rektor UM Pontianak Bapak Dr. Doddy Irawan, pengantar oleh Dekan FH UM Pontianak, Bapak Anshari, S.H., M.H. Untuk menyaksikan pembukaan acara, hadir pula Wakil Rektor III Bapak Dr. Mawardi, Wakil Dekan FH UM Pontianak Bapak M. Fajrin, S.H., M.H., dan Dosen FH UM Pontianak, Ibu Dr. Hazilina, S.H., M.M., M.Kn.

Baca Juga:  Akselerasi Indonesia Selenggarakan Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan Perusahaan

Bapak Chandra dalam memperkenalkan institusi Kejaksaan RI kepada mahasiswa FH UM Pontianak secara spesifik menguraikan Undang-undang Nomor 16 Tahun 2004 tentang Kejaksaan RI. Di dalamnya terdapat pengaturan tentang tugas, wewenang, prangkat-perangkat lainnya. Diperkenalkan pula susunan organisasi kejaksaan mulai dari tingkat Kejaksaan Negeri, Kejaksaan Tinggi sampai dengan Kejaksaan Agung.

ump.4

Atas semua tugas fungsi dan kewenangannya, Kejaksaan RI adalah lembaga pemerintah yang melaksanakan kekuasaan negara dalam bidang penuntutan serta kewenangan lain berdasarkan Undang-Undang. Tugas dan wewenang Kejaksaan itu meliputi Bidang Pidana (Penuntutan, melaksanakan penetapan hakim dan putusan pengadilan, dan lainnya), di bidang Perdata dan Tata Usaha Negara, di bidang Ketertiban dan Ketentraman Umum, Tugas dan wewenang lain berdasarkan UU, dan Pertimbangan Hukum.

Disisi lain, dalam menjalankan tugas dan wewenang tersebut. Bapak Chandra fokus menjelaskan tentang bahaya Tindak Pidana Korupsi, yang terus diupayakan untuk diberantas habis oleh Penegak Hukum. Penjelasan tersebut baik norma hukum yang diatur dalam UU maupun realitas penegakan hukum (pencegahan dan pemberantasan). Penjelasan semua itu disambut dengan respon antusias dari Mahasiswa Fakultas Hukum UM Pontianak.

Baca Juga:  Sudah 500 Kotak Nasi yang Dibagikan di Rumah Sakit

Rektor UM Pontianak dan Dekan FH UM Pontianak pula mengapresiasi upaya institusi Kejaksaan agar lebih dekat dengan Mahasiswa sebagai generasi mendatang Penegak Hukum di Indonesia. Akhirnya, jalinan pertama silaturrahim itu diharapkan kedua belah pihak dapat berlanjut dengan kesepahaman dan kerjasama pada tingkat yang lebih tinggi antar kedua institusi.

Upaya ini merupakan bentuk keberlanjutan pada komitmen bersama dalam peningkatan kualitas pendidikan tinggi, bersama menegakkan hukum dan keadilan, dan agar generasi bangsa lebih berintegritas, berkemajuan, dan berkeadilan. (Ans)

Written by Anshari Dimyati

UMP.2

Sosialisasi Komisi Yudisial dan Seleksi Calon Hakim Agung MA RI di FH UM Pontianak

direktur polnep

Direktur POLNEP Harapkan Percepat MoU dengan DKP Kalbar