in ,

Kampanye via “Mobil Poster Tarik-Ulur” Stop Narkoba Sekarang Juga

IMG 20170419 114442 050

teraju.id, Pontianak – Sisi lain kampanye stop narkoba sekarang juga yang dilakukan BNN di Gedung Auditorium Untan, Selasa, 18/4/17 adalah dihadirkannya moda sosialisasi berupa mobil poster elektrik. Kendaraan unik ini dipajang di depan salah satu pintu masuk utama.

Kendaraan berplat gincu nomor 9169 TOU itu berwarna merah-putih yang mengandung pesan nasionalisme kebangsaan. Sebab narkoba, jika tidak distop sekarang juga menjadi jalan masuk penghancuran masa depan sebuah bangsa. Yakni dengan membunuh potensi generasi mudanya.

Oleh karena itu pada salah satu sisi mobil ini dipajang sebuah lingkaran biru bertuliskan “stop narkoba”. Pesan kampanye pun menjadi sangat kentara.

Kendaraan ini tak ubahnya vidiotron berjalan. Ia menarik perhatian, kendati hanya memuat poster model tarik-ulur secara simultan untuk posisi kiri-kanan dan belakang.

Kehadiran kendaraan sosialisasi ini istimewa lantaran pesan-pesan yang disampaikan benar-benar pilihan. Teks dan konteksnya sangat pas. Mudah dicerna dan ditangkap pesannya. Misalnya kutipan pernyataan Presiden Joko Widodo: “Semua itu harus dihentikan, harus dilawan dan tidak bisa dibiarkan lagi. Kita tegaskan perang melawan narkoba di Indonesia.”

Pesan lain dalam bentuk poster seperti gambaran jabat tangan, namun dari jari jemari hingga telapak tangan meneteskan darah. Pesannya menggugah, “Teman yang baik tidak menjerumuskan!”

Model kampanye bergerak seperti ini cukup efektif karena menarik perhatian. Apalagi jika berada di perempatan lampu merah. Tujuan kampanye stop narkoba sekarang juga melalui cara berkendaraan ini pun diharapkan bisa mencapai target keberhasilannya menyelamatkan siapa saja yang membacanya, lalu mau saling ingat-mengingatkan di mana dan kapanpun mereka berada. (Nuris)

Written by Nur Iskandar

Hobi menulis tumbuh amat subur ketika masuk Universitas Tanjungpura. Sejak 1992-1999 terlibat aktif di pers kampus. Di masa ini pula sempat mengenyam amanah sebagai Ketua Lembaga Pers Mahasiswa Islam (Lapmi) HMI Cabang Pontianak, Wapimred Tabloid Mahasiswa Mimbar Untan dan Presidium Wilayah Kalimantan PPMI (Perhimpunan Pers Mahasiswa Indonesia). Karir di bidang jurnalistik dimulai di Radio Volare (1997-2001), Harian Equator (1999-2006), Harian Borneo Tribune dan hingga sekarang di teraju.id.

Graphic1

Prediksi Pilgub DKI Putaran Kedua yang Tinggal Hitungan Jam…

WhatsApp Image 2017 04 19 at 13.50.22

Tundang Melayu MTs Maarif Mengocok Perut Penonton