Home > Berita > Ketua FKPT Kalbar Jadi Narasumber Diskusi Publik tentang Pencegahan Radikalisme

Ketua FKPT Kalbar Jadi Narasumber Diskusi Publik tentang Pencegahan Radikalisme

teraju.id, Pontianak – Ketua Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Kalbar Dr. Wajidi Sayadi menjadi narasumber dalam Diskusi Publik yang bertema: “Menakar Implementasi Ideologi Pancasila: Upaya Pencegahan Radikalisme di Indonesia”. Wajidi tampil bersama akademisi Untan, Dr. Syarifah Ema Rahmaniah dan Wakil Ketua DPRD Kota Pontianak, Dr. Firdaus Zar’in.

Diskusi publik ini diselenggarakan oleh Forum Pemuda dan Mahasiswa Nusantara di Aula Program Magister Fisip Universitas Tanjungpura di Pontianak, 26 Pebruari 2020. Peserta diskusi berasal dari kalangan pemuda dan pimpinan organisasi kepemudaan dari berbagai organisasi serta mahasiswa dan pimpinan organisasi kemahasiswaan dari berbagai perguruan tinggi dan juga dosen.

Pada kesempatan itu Wajidi mengungkapkan nilai-nilai dalam Pancasila memiliki kekuatan untuk menangkal aksi-aksi radikal. “Implementasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan nyata di tengah-tengah masyarakat itulah yang akan bisa menjadi daya tangkal dalam mencegah aksi-aksi radikal,” katanya.

Menurutnya, radikalisme ini merupakan ancaman kemanusiaan yang bisa merusak tatanan kerukunan dan toleransi social, apalagi akar utama dari aksi terorisme adalah radikalisme.

Baca Juga:  Terorisme Tetap Ancaman Bagi Bangsa

Dalam diskusi ini disampaikan bahwa tipologi radikalisme itu beragam; ada radikalisme gagasan, radikalisme premanisme, radikalisme milisi, radikalisme separatis, radikalisme agama, dan radikalisme terorisme.

Radikalisme yang mengarah pada aksi terorisme dilihat dari segi tingkatannya, memiliki variasi. Ada kelompok inti, kelompok militant, kelompok pendukung, kelompok simpatisan, dan masyarakat pada umumnya.

Ditambahkan, faktor-faktor yang menyebabkan munculnya radikalisme ini tidak tunggal, maka upaya pencegahan Radikalisme pun juga tidak tunggal. Pendekatannya harus disesuaikan dengan tipologi dan tingkatannya.

Wajidi menyatakan, ada tiga upaya pencegahan yang dapat diambil, yaitu membangun sikap moderat, moderat dalam wawasan keagamaan dan wawasan kebangsaan.(Rilis/Humas FKPT Kalbar)

Berbagi itu indah:

Tulis Komentar

comments

About teraju.id

Check Also

Polisi Ringkus Dua Remaja Curi 5 Motor di Ketapang

teraju.id, Ketapang – Dua remaja pelaku curanmor ditangkap Polisi. Kapolres Ketapang, AKBP RS Handoyo SIK, …

teraju.id