teraju.id, Pontianak – Memiliki misi memajukan UKM di seluruh penjuru Indonesia, Komunitas Bukalapak terus berusaha menyelenggarakan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat bagi seluruh pelapak. Hari ini, kegiatan Kopdar Komunitas Bukalapak berlangsung di kota Khatulistiwa Pontianak, 17 Maret 2018.
Bertempat di sebuah warung, justru menambah keakraban tanpa menyurutkan semangat para pelapak di Pontianak untuk berbagi informasi, meningkatkan penghasilan dalam berjualan online. Tidak seperti biasanya, Kopdar Komunitas Bukalapak Pontianak kali ini menghadirkan perwakilan dari mitra logistic Bukalapak yaitu JNE yang berbagi tips mengenai pengemasan barang.
Muhammad Fikri, Head of Community Management Bukalapak mengatakan, “Tema yang diusung dalam Kopdar Komunitas Bukalapak Pontianak ini adalah ‘Bagaimana meningkatkan Penghasilan dengan Mengoptimalkan Penjualan Online di Bukalapak.’ Yang membuat Kopdar Komunitas Bukalapak Pontianak kali ini terasa istimewa adalah kehadiran perwakilan dari JNE, agar para Pelapak Komunitas Bukalapak Pontianak dapat memahami bahwa aspek pengemasan barang itu penting agar para pembeli dapat merasa puas dan barang juga terlindungi.”
Ia juga menambahkan bahwa selain menghadirkan perwakilan dari JNE, salah satu Pelapak Jawara & Ranger Komunitas Banten turut menghadiri acara tersebut. Mereka berbagi tips dan trik seperti cara memfoto produk yang baik, tips penulisan judul produk, dan sebagainya.
Dery Prayogi, Sales Corporate JNE Pontianak menambahkan, “Kami sebagai mitra Bukalapak dalam menyediakan jasa pengiriman siap membantu Bukalapak dalam mewujudkan visinya untuk menjadi online marketplace nomor utama di Indonesia.”
Selain itu pada kesempatan yang sama Dery Prayogi juga menambahkan bahwa pihaknya sangat senang karena dapat berbagi tentang bagaimana cara mengemas barang yang baik. Fungsi dasar pengemasan adalah kurang lebih untuk melindungi produk dari kerusakan-kerusakan. Oleh sebab itu pengemasan tertentu juga tak boleh sembarangan. Di samping itu, penulisan alamat pengirim dan penerima juga harus dilakukan secara tepat, sehingga produk dapat diterima dengan baik oleh Konsumen.
Komunitas Bukalapak Pontianak ini diharapkan dapat berkontribusi dalam pengembangan produk lokal setempat. Komunitas Bukalapak yang saat ini sudah tersebar di lebih dari 83 kota di seluruh Indonesia merupakan inisiatif dari para pelapak Bukalapak sendiri. Hingga saat ini, jumlah pelapak Bukalapak telah mencapai lebih dari 2,2 juta.
“Di Komunitas Bukalapak Pontianak, kita percaya dengan konsep gotong royong dan kolaborasi. Sukses sendirian itu biasa sukses bersama-sama itu baru luar biasa! Rasa kebersamaan dan persaudaraan dalam berkomunitas ini menjadi penting agar setiap orang berkesempatan menjadi pahlawan bangsa,” tutup Muhammad Fikri. (Priyo Setioko)