in

Ma’ruf Amin: Tingkatkan Wakif dan Kompetensi Nazhir sehingga Mampu Kelola Wakaf Produktif

teraju.id, Teraju News Network – Mencapai produktivitas wakaf produktif Wapres, Prof Dr Ma’ruf Amin mengimbau agar jumlah muwakif ditambah banyak lagi. Begitupula nazhir atau penerima / pengelola wakaf, perlu ditingkatkan kompetensinya.

Ma’ruf berharap sistem pengelolaan wakaf yang digerakkan BWI bersama Kementrian Agama mesti ditingkatkan, terutama wakaf tidak bergerak. Fungsinya mesti menyentuh pendidikan, kesehatan, perekonomian, hingga peradaban umat.

“Saya mendorong pengelolaan kreatif dan profesional dengan skala perekonomian umat. Agar wakaf mampu mendorong meningkatkan produktivitas, sehingga mengurangi kemiskinan. Kerjasama UMKM adalah contoh yang bisa dilakukan.”

Pengelolaan wakaf mesti mampu menggunakan platform digital. Tujuannya transparansi dan meningkatkan kredebilitas pengelolaan wakaf.

“Tumbuhkan mesin penggerak dengan literasi wakaf. Tingkatkan kompetensi nazhir, tapi tetap patuh pada regulasi dengan prinsip-prinsip wakaf. Integrasi dengan lembaga keuangan syariah.” (kan)

Written by Nur Iskandar

Hobi menulis tumbuh amat subur ketika masuk Universitas Tanjungpura. Sejak 1992-1999 terlibat aktif di pers kampus. Di masa ini pula sempat mengenyam amanah sebagai Ketua Lembaga Pers Mahasiswa Islam (Lapmi) HMI Cabang Pontianak, Wapimred Tabloid Mahasiswa Mimbar Untan dan Presidium Wilayah Kalimantan PPMI (Perhimpunan Pers Mahasiswa Indonesia). Karir di bidang jurnalistik dimulai di Radio Volare (1997-2001), Harian Equator (1999-2006), Harian Borneo Tribune dan hingga sekarang di teraju.id.

Wapres Luncurkan Gerakin (Gerakan Wakaf Indonesia)

Sultan Hamid Menggabungkan DIKB Sebagai Indonesia