Home > Berita > Marvel Fans Community Regional Pontianak

Marvel Fans Community Regional Pontianak

teraju.id, Pontianak – Setioko berbicara mengenai Marvel, maka yang terlintas di benak kita adalah Iron Man, Spiderman, Captain America dan sebagainya. Marvel Comics atau Marvel Worldwide Inc. sebelumnya Marvel Publishing Inc. dan Marvel Comics Group adalah nama suatu perusahaan dari Amerika Serikat yang memproduksi buku komik dan media lain yang berkaitan. Marvel pertama kali didirikan dengan nama “Timely Publications” pada tahun 1939 dan sempat berganti nama menjadi “Atlas Comics” sebelum akhirnya menjadi Marvel Comics pada tahun 1961.
Sejarah Marvel

Timely Publications, cikal bakal Marvel Comics, didirikan pada tahun 1939 oleh Martin Goodman yang berkantor di New York dan komik yang diterbitkan oleh perusahaannya berfokus pada tema pahlawan super (superhero).

Komik pertama terbitan Timely Publications adalah Marvel Comics #1 yang diterbitkan pada bulan Oktober 1939 dan mendapatkan sambutan amat baik. Komik Timely lainnya yang berjudul Captain America yang pertama kali dirilis pada bulan Maret 1941 juga mendapatkan sambutan luar biasa dan terjual hingga satu juta kopi

Dalam masa-masa ini, Timely juga merekrut orang-orang yang belakangan menjadi legenda industry Komik Amerika Serkat seperti Jack Kirby dan juga Stan Lee

Dalam perjalanan selanjutnya Industri komik bertema Superhero mengalami penurunan usai Perang Dunia kedua . Akibat fenomena ini, perusahaan komik yang diasuh Goodman mulai memperlebar genre komiknya hingga ke genre selain superhero seperti petualangan, kriminal, komedi, hingga seputar perang.

Pada masa ini pula, tepatnya pada tahun 1951, Timely berganti nama menjadi Atlas Comics dan logonya juga berganti menjadi logo bola dunia (globe). Selama memakai nama Atlas Comics, perusahaan komik yang dipimpin Goodman itu lebih banyak “mengekor” atau memakai genre yang sedang populer di pasaran sebagai genre mereka, tidak seperti saat mereka masih memakai nama Timely di mana mereka cukup inovatif dengan mengusung tema Superhero.
Perubahan nama menjadi Marvel

Atlas akhirnya berganti nama menjadi Marvel Comics pada tahun 1961 dan nama itu masih dipakai hingga sekarang. Pada masa itu, tepatnya pada awal dasawarsa 1960-an, tema superhero dalam industri komik kembali naik setelah perusahaan pesaing Marvel, DC Comics, berhasil memopulerkan tokoh-tokoh komik populer seperti Flash, Superman, dan anggota organisasi superhero Justice League of America lainnya. Marvel pun memanfaatkan momentum tersebut dengan menerbitkan komik yang juga bercerita mengenai kelompok superhero Fantastic Four pada bulan September 1961.

Sejak saat itu hingga tahun 1969, Marvel telah menerbitkan 831 buku komik dimana hampir semuanya dibuat oleh Stan Lee. Pada periode ini pula, aneka tokoh komik populer seperti Spider-Man, X-Men, dan Hulk untuk pertama kalinya muncul.

Walaupun DC Comics disebut-sebut sebagai pelopor kebangkitan tema superhero di industri komik usai Perang Dunia II, Marvel dianggap sebagai pelopor dalam perubahan tipe penceritaan superhero yang beredar selama ini. Sejarawan komik Peter Sanderson menulis bahwa Marvel berhasil membuat konsep baru dalam penceritaan dengan mengusung tema yang lebih serius sehingga orang-orang seperti remaja dan orang dewasa juga bisa tertarik membaca cerita komik.
Marvel Fans Community Regional Pontianak

Marvel Fans Community merupakan fans film-film serta komik Marvel yang telah berdiri sejak tahun 2012. Fans ini sendiri telah memiliki Regional sebanyak 28 Regional yang tersebar di seluruh pelosok tanah air.

Sementara itu Marvel Fans Community Regional Pontianak telah berdiri sejak tanggal 23 Februari 2019. Dengan Priyo Setioko sebagai Koordinator regional ini.

Menurut Priyo Setioko yang saat ini juga seorang Blogger dan Pegawai Negeri Sipil di Kecamatan Teluk Pakedai Kabupaten Kubu Raya sendiri merasakan bahwa di Pontianak juga banyak para pecinta komik Marvel dan juga Fans Film Marvel. Sehingga Regional Pontianak harus segera di bentuk.

“Siapapun boleh bergabung” Ujar pria yang akrab disapa dengan panggilan Bang Tyo ini.

Adapun visi dan misi dari Marvel Fans Community Regional Pontianak ini sendiri adalah mensinergikan para pecinta komik maupun film Marvel di seluruh kota Pontianak serta siap menjadi bagian dari komunitas social dan kepemudaan di kota Pontianak.

“Marvel Fans Community Regional Pontianak siap menjadi salah satu fanbase serta berkolaborasi dengan beberapa komunitas yang ada di Pontianak, sesuai dengan Passion kami sebagai Superhero, Kita juga mengadakan Nonbar untuk film-film Marvel” Ujar Bang Tyo.

Bagi yang ingin bergabung silahkan klik link ini, Marvel Fans Community Regional Pontianak.(rilis/Setioko)

Berbagi itu indah:

Tulis Komentar

comments

About priyo setioko

Check Also

Dari Pemilihan Duta Damai Kalbar

Oleh: Yusriadi Pemilihan Duta Damai Kalbar dimulai. Gongnya ditabuh, Sabtu (16/11/19) di Aula Kampus IAIN …

One comment

  1. bit.ly/marvel-pontianak link registrasi