in

Membacakan Cerita Memupuk Imaji Anak

membaca cerita

Tanggal 20 Maret setiap tahunnya diperingati sebagai hari dongeng sedunia/World Storytelling Day. Selain untuk merayakan dongeng sebagai sebuah proses, metode dan seni. Peringatan hari dongeng ini juga untuk selalu mengingatkan manfaat dari mendongeng. Sebagai penyampaian pesan moral (transfer nilai) kepada para pendengarnya.

Dongeng yang diberikan kepada anak-anak dengan cara yang baik dan menyenangkan (fun learning) dapat meningkatkan kecerdasan moral antara sebelum dan setelah mendengar dongeng. Bahkan, jika diberikan dengan baik dan terus menerus, seorang anak akan memiliki tingkat kecerdasan moral yang lebih tinggi dibandingkan dengan anak yang tidak mendapat penyampaian nilai moral melalui mendongeng.

Dongeng, merupakan bentuk sastra lama yang bercerita tentang suatu kejadian yang luar biasa yang penuh khayalan (fiksi) yang dianggap oleh masyarakat suatu hal yang tidak benar-benar terjadi. Dongeng merupakan bentuk cerita tradisional.

“Cerita-cerita tradisional daerah kita di Kalimantan Barat, khususnya di Kabupaten Kubu Raya juga tidak kalah ragam dan narasi nya. Setiap daerah pasti punya cerita. Walau pada saat ini perlu untuk lebih didengar, direkam bahkan dituliskan. Agar terjaga dan berkelanjutan” kata Ahmads, salah seorang penggiat literasi.

Baca Juga:  H Nilwani Hamid, M.Pd Pimpin Masjid Nurul Hasanah (2021-2024)

Para penggiat literasi di Kubu Raya, yang selama ini senantiasa melakukan kegiatan literasi. Kali ini berupaya memaksimalkan moment hari dongeng. ‘Kami sudah mempersiapkan melakukan serangkaian kegiatan dalam memperingati dan memaknai hari dongeng ini’ . Mulai dari persiapan, latihan serta rangkaian mendongeng. Tentunya juga untuk lebih memasyarakatkan manfaat-manfaat dari proses mendongeng”.

Kegiatan yang akan dilakukan tidak hanya berbentuk ceremony atau peringatan saja. Selain diskusi dan acara seminar online yang melibatkan banyak pihak. Juga akan di lakukan serangkaian Membacakan Dongeng di sejumlah taman baca yang ada di Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat. Rangkaian acara dilakukan selama 16 hari. Dimulai dengan pelatihan proses mendongeng bagi para penggiat literasi, webinar serta rangkaian membacakan dongeng sampai tanggal 28 Maret 2021.

Dengan sangat mempertimbangkan dan melaksanakan protokol kesehatan. Kegiatan mendongeng akan dilakukan di taman baca yang ada di Dusun Wonosari Tebang Kacang, Dusun Lingga Selatan, Tanjung Saleh, Rasau Jaya, Punggur Kecil serta beberapa lokasi lainnya di Kubu Raya.

Baca Juga:  BNPT Kembali Mengadakan Survei Nasional dengan Menggandeng 32 FKPT

Beberapa manfaat membaca dongeng dan kegiatan pekan mendongeng di Kubu Raya seperti: 1. Membiasakan Budaya Membaca. 2. Mendapatkan Nilai-Nilai Kehidupan dan Budi Pekerti . 3. Mengembangkan Imajinasi serta kreatifitas. 4. Meningkatkan Kemampuan Berbahasa. 5. Lebih mempererat hubungan emosional. 6. Lebih mengenal khasanah dongeng baik global, nasional dan yang terpenting daerah sendiri. 7. Sebagai upaya menjaga cerita-cerita tradisional daerah. Semoga’ (/r)

Written by teraju.id

Sekolah Advokasi Hukum dan Paralegal

Sekolah Advokasi Hukum dan Paralegal

UMP.2

Sosialisasi Komisi Yudisial dan Seleksi Calon Hakim Agung MA RI di FH UM Pontianak