in ,

Mengenalkan Pariwisata Kubu Raya, Dari Vlog Hingga Update Sosial Media

Proses dan dampak perhelatan KRTV Fest 2020 ini selain uutnk mengali potensi wisata. Juga diharapkan akan dapat meningkatkan minat masyarakat melakukan perjalanan ke destinasi wisata yang ada di Kubu Raya.

teraju.id, Kubu Raya – Punya mimpi menjadi travel vlogger yang sukses? Kalian dapat mewujudkannya. Selain memberi informasi tempat-tempat wisata di Kubu Raya, membantu berbagai kalangan, ditonton banyak orang. Bahkan berpeluang menang dan mendapat uang pembinaan. Melalui perhelatan Kubu Raya Traveler Tourism Vlog Festival (KRTV Fest) 2020 itu semua memungkinkan terjadi.

Kubu Raya Traveler Tourism Vlog Festival (KRTV Fest) diselenggarakan di Kubu Raya, Kalimantan Barat. Festival Video Blogger (Vlog) yang baru pertama kali dilakukan tahun 2020. Dengan mengangkat tema, ‘Menggali dan Mengembangkan Potensi Wisata ’ di Kabupaten Kubu Raya.

Seperti yang diketahui, Ada beberapa Objek Wisata yang ada di Kabupaten Kubu Raya Antara lain : Alam Batu Gajah, Gunung Ambawang, Kelenteng Tengah Laut, Selat teluk air, Dermaga Batu Ampar terletak di Batu Ampar, Hutan Mangrove, Pulau Bidara, Air Terjun Bidang bahar, desa kubu, gunung wangkang, Pulau gelanggang terletak di Kubu, Dll. Tak hanya itu, keberagaman budaya serta adat istiadatnya dapat menjadi sumber daya penting yang jika dikelola bukan tidak mungkin akan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.

Melalui ajang KRTV Fest 2020 hal itu juga di maksimalkan. Tentunya butuh waktu dan proses. Selain sebagai sarana untuk lebih mengenalkan, mengeksplorasi dan mengangkat potensi-potensi yang ada di Kubu Raya melalui media kreatif, video blogger (Vlog) dalam hal ini. Fokusnya pada generasi muda mampu menghadirkan karya-karya yang segar, kekinian dengan konten lokal yang kuat. Yang tak kalah penting Proses dan dampak perhelatan KRTV Fest 2020 ini selain uutnk mengali potensi wisata. Juga diharapkan akan dapat meningkatkan minat masyarakat melakukan perjalanan ke destinasi wisata yang ada di Kubu Raya.

Sebagai upaya menyukseskan perhelatan KRTV fest 2020. Serangkaian kegiatan dipersiapkan dan dilakukan. Salah satunya Dinas Pemuda, Pariwisata Dan Olahraga (Dispora KKR) melalui bidang Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mengadakan diskusi santai yang di hadiri oleh para praktisi, pelajar, mahasiswa, serta para millennial lainnya. Untuk menginformasikan dan memperkenalkan kegiatan Kubu Raya Traveler Tourism.

Panitia KRTV gencar menghadirkan diskusi santai bersama masyarakat untuk mengenal potensi pariwisata Kubu Raya melalui karya vlog. Salah satu nya diskusi di Warung Kopi Parkiran Luar,jalan Adisucipto km 12,4 Desa Arang limbung, Kubu Raya pada hari Jumat, 10 Januari 2020. Kegiatan tersebut menghadirkan pemantik diskusi Iping Hindrawati, ST, MH, Ka Bid ParEkraf, Dispora KKR, Yuliahardi, Handra dan Ahmad S Dz. Yang unik dan asyik dalam acara ini juga tampil E widiantoro yang membaca cerpen serta pradono dengan puisinya.

Hal yang disampaikan pada diskusi tersebut Mengenai lebih jauh KRTV Festival, Potensi Wisata Di Kubu Raya dan Cara Mengaplikasikan Multimedia Pada Gadget. Handra mengatakan, potensi wisata di Kubu Raya akan mengalami kenaikan peminat apabila pemerintah mampu menggerakkan masyarakat untuk memanfaatkan kemajuan teknologi. Menurutnya, dengan pemanfaatan teknologi dan promosi di sosial media, pariwisata Kubu Raya akan dikenal oleh masyarakat luas. “Saat ini begitu banyak manfaat dari kemajuan teknologi. Kita bisa memanfaatkan sosial media seperti Facebook, Twitter, Instagram, Youtube, dan lain sebagainya sebagai sarana promosi untuk pariwisata di Kubu Raya,” ujarnya.

Ungakapan senada juga disampaikan oleh Yuliahardi, “ada banyak cara untuk dapat mengenalkan potensi pariwisata di Kubu Raya. Melalui Vlog Traveller, ini salah satu cara yang unik dan menarik, ada estetika yang disampaikan melalui video. Video tersebut menceritakan kondisi alam di Kubu Raya, sehingga dapat diminati oleh masyarakat,” ungkap Hadi. Hadi menjelaskan saat ini peminat vlog cukup ramai digeluti oleh masyarakat. Tak heran jika KRTV hadir sebagai wadah bagi masyarakat yang hobi liburan sembari membuat karya vlog.

Bagi peserta yang ingin mengikuti lomba vlog ini, pembukaan pendaftaran vlog dimulai dari tanggal 2 Januari hingga paling lambat 22 januari 2020.

Informasi rangkaian kegiatan juga disampaikan jadwal pengumuman dan penyerahan hadiah pemenang. Akan ada setidaknya tujuh kategori dengan 14 pemenang dengan total hadiah sebesar enam puluh juta rupiah. Hingga agenda malam penganugerahan yang sejauh ini direncanakan pada awal Maret 2020. Serta yang tidak kalah penting jamuan makan malam bersama Bupati Kubu Raya (Muda Mahendra), yang akan mengundang seluruh peserta KRTVF 2020. Sebagai bentuk apresiasi kepada para peserta vlog festival.(Rilis/Ahmad Sofian)

Berbagi itu indah:

Film Dokumenter – “Miles Davis: Birth of the Cool”

Kapolda Kalbar Buka Pelatihan Bintara Polri di SPN Polda Kalbar