in

Meremajakan Kampung Tua

kampung tua.1

teraju.id,Pontianak – Kampung Tua terletak di Gg. Ikhwan RT002-RW007 Kampung Arab Kelurahan Dalam Bugis Kecamatan Pontianak Timur. Lokasi ini merupakan 1 (satu) dari 6 (Enam) kelurahan yang mendapat bantuan dari Program KOTAKU tahun 2020.

Dari data capil tahun 2015 jumlah penduduk di RT002-RW007 182 Jiwa dan 53 KK, sebagian warganya merupakan merupakan pekerja harian, karyawan swasta, buruh harian dan tukang bangunan. Dari survey Badang Keswadayaan Masyarakat (BKM) Corak Insang kelurahan yang tertuang dalam data baseline permasalahan kekumuhan di RT ini adalah jalan lingkungan dengan kondisi rusak berat karena sebagian merupakan jalan gertak kayu yang sudah lapuk dan jalan beton yang sudah pecah dan rusak, permasalahan lainnya adalah konstruksi drainase yang belum ada sehingga kondisi parit dikawasan ini tidak terpelihara dan rusak, di tambah lagi dengan banyaknya sampah dalam parit.

Dengan terpilihnya kelurahan Dalam Bugis sebagai salah satu lokasi sasaran Program KOTAKU tahun 2020, Masyarakat melalui BKM Corak Insang bersama tim KOTAKU Kota Pontianak merancang konsep untuk meremajakan Kampung Tua di lokasi ini, dengan memperbaiki jalan dari jalan gertak menjadi jalan rabat beton sepanjang 163 M dan memperbaiki saluran dengan membuat Drainase 136 Meter yaitu melanjutkan kegiatan Perbaikan Saluran dari Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Kota Pontianak tahun 2019, ditambah dengan penataan kawasan dengan motif Corak Insang dan pagar jalan dengan nuansa muatan lokal.

kampung tua.2

Program KOTAKU di Kota Pontianak ini dibawah kewenangan Satuan Kerja Pelaksanaan Prasarana Permukiman Balai Prasarana Permukiman Wilayah Provinsi Kalimantan Barat, sehingga BKM dalam melaksanakan kegiatan ini melakukan kontrak kerja dengan PPK PKP Satker Pelaksanaan Prasarana Permukiman Kalbar, atas pelaksanaan kegiatan ini telah dinyatakan 100% selesai lengkap dengan penataan Kawasan.

Upaya BKM bersama masyarakat tidak berhenti sampai disini, kegiatan lain yang telah dilakukan membersihkan kawasan dari sampah, mempercantik kawasan dengan menanam tanaman hias disepanjang jalan dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, melalui Dinas Lingkungan Hidup dilengkapi dengan Bak Sampah, warga setempat mendatangkan kano untuk wisata diparit, bantuan dari Balai PPW Portal dan Bola hias untuk taman, dan warga bersama pihak kelurahan telah berencana akan menjadikan tempat ini menjadi salah satu tempat terbuka publik di kelurahan Dalam Bugis.

Upaya lain yang akan telah direncanakan antara lain pengusulan sambungan rumah untuk MBR bagi yang belum mendapat memiliki sambungan PDAM, Rehab Rumah Tidak Layak Huni, perbaikan sanitasi dan pengelolaan persampahan. Untuk merealisasikan hal ini BKM Bersama Masyarakat akan didukung oleh Pemerintah Kota Pontianak melalui POKJA PKP. Demikian juga untuk keberlanjutan kegiatan ini, melalui pihak kelurahan akan difungsikan Kelompok pemanfaat dan pemelihara untuk merawat dan mengembangkan kawasan ini. Lokasi ini merupakan salah satu contoh untuk mewujudkan kawasan yang asri, nyaman, produktif dan berkelanjutan dengan kolaborasi berbagai pihak, dengan harapan akan ada lagi kawasan – kawasan lain yang dirubah dari kumuh menjadi bersih, rapi dan sehat.(rilis Tim Kotaku)

Pontianak, 05 Desember 2020

Written by teraju.id

lazismu

Prof Dr Hilman Latief: Lazismu yang Cepat-Tepat-Mudah

International Volunteer Day

International Volunteer Day: KEP’s-Binabud-Teraju sd Wakaf Produktif