in

Outlook Wakaf Produktif Bersama Nazir Profesional Indonesia, Rabu, 30 Desember

wakaf
nazir wakaf produktif.1

Oleh: Nur Iskandar

Penghujung tahun 2020 di tengah Pandemi Covid-19 belum lagi berhenti melanda bola dunia di mana kita berfungsi sebagai khalifah fil ardhi (pemimpin di muka bumi) “Outlook Wakaf Produktif 2021” diprediksi. Outlook 2021 melibatkan para nazir profesional Indonesia. Pelaksanaannya secara visual terbatas 20 peserta nazir dan wakif serta peserta visual “unlimited” se-Nusantara se-Tanah Air. “Sak” Indonesia.

Acara yang didapuk secara visual terbatas dan virtual tanpa batas ini bertujuan merekatkan para nazir seluruh Indonesia yang telah memiliki Forum Nazir Wakaf Produktif dipimpin Ketua Forum Wakaf Produktif – General Managet Pengembangan Wakaf Dompet Dhufa, Bobby P Manullang. Oleh karena itu Bobby P Manullang yang wawasan dan pengalamannya telah mendunia bersedia tampil memberikan kata-kata kunci alias “keynote speech” di acara pembukaan. Pembukaan acara Outlook Wakaf Produktif 2021 di hari Rabu, 30/12/20 pukul 08.00 WIB. Dimulai dengan menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya dilanjutkan doa bersama. Sambutan disampaikan Ketua Majelis Adat Budaya Melayu (MABM) Kalbar Prof Dr H Chairil Effendy di mana lembaganya bekerjasama dengan Badan Wakaf Indonesia (BWI) melakukan Pelatihan Nazir Wakaf Produktif Profesional. Peserta visual dan operasional IT-Teraju.Id dari Studio MABM–Rumah Melayu–salah satu destinasi wisata unik jantung Kota Pontianak karena berdampingan dengan Tugu Kota Baru, Rumah Radakng dan Kanwil Kemenag Kalbar. BWI juga memberikan pengantar bersama Prof Dr H Kamarullah, SH, MH serta Kakanwil Kemenag Kalbar Drs H Riduansyah, M.Si serta Kabid Penais Zawa, Drs H Kaharuddin.

Baca Juga:  Ikan Semah, Primadona Setelah Arwana

Persfektif manajerial wakaf produktif akan digebber perdana oleh CEO Keke Busana Muslim Nusantara yang kini bergerilya dari Balikpapan-Kaltim melalui Sedekah Box Nusantara, Kang Rendi Sahputra. Motivasi tambah tinggi dengan Bang Bung Ben (Beni Sulastyo, SE) salah satu imam Ponpes Virtual Munzalan Mubarakan Ashabul Yamin dengan Mesjid Billionernya. Wakaf produktif dimulai dari 1 kavling dan mesjid kapal, menjadi kendaraan dinas takmir mesjid yang velfire, fortuner hingga Alphard berikut ratusan ton gerakan infak beras merasuk seluruh Indonesia.

Kisah sukses juga dipaparkan Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Tengah, kisah sukses jamaah tabligh–Quba serta asistensi finansial bersama akademisi, praktisi sekaligus akuntan, Oscar Rynandi Andjioe, SE, M.Si,Ak, CA.

Acara super-duper motivasional ini menggaransi motivasi tingkat tinggi di mana nazir selaku General Manager (GM) sebuah lokasi wakaf digaransi bisa tumbuh bekembang mengikuti kisah sukses para motivator yang tampil serta dihadirkan dalam serial Outlook 2021 MABM Cq BWI Kalbar. Kenapa? Karena seluruh peserta akan dibingkai dalam networking (jejaring) anggota yang dibina dalam satu agregat WhatsApp Group. Dari sana pembinaan terstruktur, massif dan sistematis. Menggerakkan 4.2 miliar meter persegi tanah wakaf seluruh Indonesia yang luasnya sama dengan 4x Negara Singapura. Terluas wakaf sedunia. Di mana di atas wakaf Nusantara itu ada 3M, yakni Mesjid, Madrasah dan Makam. Juga sebagian lagi wakaf yang belum teridentifikasi karena belum masuk akta ikrar wakaf (AIW) dan Sistem Informasi Wakaf (Siwak) Indonesia.

Baca Juga:  Paling Tidak, Jangan Jadi 'Peng-endorse Kematian'

Bagi pembaca yang punya mesjid, madrasah, makam, atau kenal nazir, takmir mesjid, remaja mesjid, silahkan rujuk formulir pendaftaran seperti tersebut di flayer di atas. Pendaftar online akan diundang masuk webinar sehari sebelumnya. Demikian agar pelaksanaan seharian, sejak pukul 08.00-17.00 berjalan mulus dan lancar tanpa gangguan berarti menurut kacamata IT.

Peserta juga akan mendapatkan sertifikat online dan beberapa buku guidance atawa pegangan. Untuk itu bersama kita manfaatkan kesempatan emas bersama figur-figur emas peradaban wakaf Indonesia untuk dunia. Amiin ya Rabbal ‘alamiin. Mudahkan kami wahai Tuhan seru sekalian alam dalam mengelola amanah wakif sehingga benar-benar menjadi solusi peradaban keumatan dan kemanusiaan. Termasuk peranan wakaf memecahkan kemelut Pandemi Covid-19 yang masih tiada mau berhenti. Tabarakallah.

(Penulis adalah pegiat literasi wakaf-wakaf literasi. Anggota Bidang Wakaf Produktif BWI Kalbar. CP-WA 08125710225).

*Foto flayer berisi alamat pendaftaran online dan fasilitator dari BWI Kalbar serta DPP MABM.

Written by Nur Iskandar

Hobi menulis tumbuh amat subur ketika masuk Universitas Tanjungpura. Sejak 1992-1999 terlibat aktif di pers kampus. Di masa ini pula sempat mengenyam amanah sebagai Ketua Lembaga Pers Mahasiswa Islam (Lapmi) HMI Cabang Pontianak, Wapimred Tabloid Mahasiswa Mimbar Untan dan Presidium Wilayah Kalimantan PPMI (Perhimpunan Pers Mahasiswa Indonesia). Karir di bidang jurnalistik dimulai di Radio Volare (1997-2001), Harian Equator (1999-2006), Harian Borneo Tribune dan hingga sekarang di teraju.id.

kenduri pantun

Setelah Pengakuan Unesco, Mau Apa Kita dengan Pantun?

launching wakaf uang.1

Sukses Launching Wakaf Uang Kemenag Disusul Outlook Wakaf Produktif Indonesia 2021