in ,

“Budaya Berayam Orang Iban” Menangkan Lomba Penulisan Sejarah dan Budaya

WhatsApp Image 2017 11 23 at 20.14.36

Oleh : Khatijah

Lomba Karya Tulis Ilmiah tingkat mahasiswa se Kalimatan Barat tahun 2017 yang diadakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalbar, berakhir. Pemenang diumumkan.

Lomba dengan tema “Peran sejarah dan budaya dalam membentuk karakter generasi muda” diikuti oleh 22 peserta dari berbagai perguruan tinggi di Kalbar. Setelah makalah yang dikirim sampai batas akhir awal November 2017, dinilai oleh dewan juri.

Pengumuman pemenang seleksi naskah dilaksanakan di hotel G Jl Jendral Urip, tanggal 22 November 2017. Hadir pada kesempatan itu mahasiswa peserta sekitar 50 orang, dari Sintang, Entikong, dan yang pastinya Pontianak.

Pak Herman SE, MM. membuka acara. Di malam pertama bukan hanya pembukaan dan kata sambutan melainkan pengumuman nominasi masuk 6 besar. Setelah pengumuman nominasi, peserta diminta istirahat tepat sekitar pukul sepuluh malam.

Tanggal 23 November 2017, pukul 08.10 WIB acara presentasi. Nominasi pemenang mempresentasikan karyanya. Sebelum mempersentasikan karya tulis ilmiah 6 nominasi tersebut mencabut undi untuk mendapatkan nomor urut presentasi. Acara ini dipandu Pak Imam.

Setelah presentasi, dewan juri langsung bertanya kepada peserta 6 nominasi secara berurutan. Selesai presentasi dan sesi tanya jawab pukul 12.15 WIB peserta istirahat. Pukul 13.25 WIB acara dimulai kembali yaitu pengumuman pemenang lomba. Juara pertama dimenangkan oleh Zainal Aripin dengan budaya berayam orang Iban, juara kedua diambil oleh Ria Riawan dengan tradisi bersaprah, dan juara ketiga dimenangkan oleh Siti Muslikha dengan budaya makan kampung. Sedangkan juara harapan pertama diambil oleh Dominika Santi tentang tradisi sandau ari, juara harapan dua dimenangkan oleh Tuti Alawiyah dengan budaya Paluang, dan yang terakhir dimenangkan oleh Saripaini tentang petuah Melayu. (*)

Written by teraju

IMG 20171123 192315 860

Bupati KKR Harap Dukungan untuk Program Akselerasi İmunisasi Anak Lengkap

Pulau perombak 1

Ikan Belanak yang Hilang di Teluk Pakedai