in

Pusat Pembinaan Bahasa Diseminasi UKBI di Kalbar

diseminasi ukbi

Teraju News Network – Sejak diluncurkannya UKBI (Uji Kemahiran Bahasa Indonesia) oleh Mas Menteri Nadiem Makarim pada 29/1/21, diseminasi sampai pula ke Kalbar. Diseminasi ini berlangsung dua hari, 24-25/3/21 bertempat di Hotel Mercure.

Kepala Pusat Pembinaan Bahasa dan Sastra Dr Dora secara daring membuka kegiatan diseminasi secara resmi sekaligus mengupas UKBI adaptif merdeka. “Dulu UKBI secara konvensional, kini adaptif online atau daring sekaligus besertifikat digital,” ungkapnya.
UKBI adaptif merdeka menurut Dora yang mengenakan jilbab hijau muda, adalah lompatan besar dalam merawat dan mengembangkan Bahasa Indonesia. Dimana Bahasa Persatuan ini bisa dipelajari dengan standar internasional sekaligus menyenyajarkan diri sebagai bahasa dunia.

diseminasi ukbi.1

UKBI berlaku lintas profetik. Alamat test UKBI dapat dilihat pada URL ukbi.kemdikbud.go.id. Sementara 68 peserta khususnya lingkungan dinas pendidikan, kampus serta media dapat juklak sekaligus juknis. Peserta juga praktikum dengan membawa komputer laptop yang terkoneksi internet, kamera, sekaligus earphone.

Acara dibuka pukul 14.30 dilanjutkan dengan uraian Kebijaksanaan dan Kerjasama UKBI dengan narasumber Kepala Balai Bahasa Kalbar, Suharyanto, SS, MA. (kan)

Baca Juga:  Bengkel Sastra Balai Bahasa Kalimantan Barat

Written by Nur Iskandar

Hobi menulis tumbuh amat subur ketika masuk Universitas Tanjungpura. Sejak 1992-1999 terlibat aktif di pers kampus. Di masa ini pula sempat mengenyam amanah sebagai Ketua Lembaga Pers Mahasiswa Islam (Lapmi) HMI Cabang Pontianak, Wapimred Tabloid Mahasiswa Mimbar Untan dan Presidium Wilayah Kalimantan PPMI (Perhimpunan Pers Mahasiswa Indonesia). Karir di bidang jurnalistik dimulai di Radio Volare (1997-2001), Harian Equator (1999-2006), Harian Borneo Tribune dan hingga sekarang di teraju.id.

ngopi coi lamongan

BNPT : ‘Ngopi Coi di Lamongan Memang Mantap’

dongen di desa lingga

DONGENG MEMBAHANA DI DESA LINGGA