Home > Berita > Rumah Literasi FUAD: Mengejar Waktu Menghimpun Karya

Rumah Literasi FUAD: Mengejar Waktu Menghimpun Karya

Oleh: Yusriadi

Sejak dua pekan ini kesibukan kami di Rumah Literasi FUAD IAIN Pontianak bertambah. Kami sibuk dengan kegiatan menulis, mengedit dan menghubungi penulis.

Ya, kami memburu waktu mengejar target. Kami menulis mengejar target halaman, agar bisa jadi buku. Kali ini targetnya agak rendah, kami menulis buku bersama. Jadi, tulisannya hanya beberapa halaman saja. Untuk ukuran kami hal seperti itu sepele. Gampang.

Hanya saja, walaupun gampang sebenarnya, namun kali ini terasa agak berat. Kami harus pandai membagi waktu dan fokus: sesuatu yang mudah diucapkan tetapi cukup sulit dilakukan.

Pekerjaan kini terasa agak berat karena pada waktu yang sama kami mengedit tulisan peserta–plus tugas-tugas rutin sebagai dosen, staf dan mahasiswa.

Lagi pula pekerjaan editing ini lumayan berat. Mengedit tulisan orang yang baru belajar menulis tidak mudah. Kekeliruan banyak dijumpai di ujung pangkal di setiap kalimat. Pililhan dan struktur kalimat yang tak variatif.

Ada bagian yang bisa diperbaiki langsung, ada bagian lagi yang harus dikonfirmasi pada penulisnya. Bagian ini kadang repot dan perlu waktu.
Setelah ini kami akan memasuki tahap lay out. Tulisan yang sudah selesai editing didesain agar terlihat sebagai sebuah buku.

Baca Juga:  Bangga Menjadi Mahasiswa Berkarya

Tapi, apa pun, kami berusaha, bergerak dan berproses. Kami harus sampai pada titik akhir. Buku bisa dipertunjukkan melalui launching atau peluncuran pada akhir Desember. Kalau ini dilakukan, tertunailah amanat yang diberikan ke pundak kami. (*)

Berbagi itu indah:

Tulis Komentar

comments

About Yusriadi

Redaktur pada media online teraju.id dan dosen IAIN Pontianak. Direktur Rumah Literasi FUAD IAIN Pontianak. Lulusan Program Doktoral ATMA Universiti Kebangsaan Malaysia, pada bidang etnolinguistik.

Check Also

Anti Diskriminasi ala Gusdur dan Romo

Oleh Fubertus Ipur Saya mungkn termasuk manusia beruntung bisa belajar soal anti diskriminasi rasial dari …

teraju.id