in ,

Sosialisasi ke SMAN 7, PIN Langsung Dibeli

teraju.id, Pontianak  – Binabud Chapter Pontianak mencari kandidat pertukaran pelajar pada program AFS/YES tahun 2017-2018 dengan meningkatkan sosialisasi ke sekolah-sekolah. Pada hari Rabu, 5/4/17 sasarannya adalah SMAN 7 yang beralamat di kawasan Jalan Sulawesi.

Koordinator Bidang Sending, Huntung Dwiyani mengatakan bahwa sosialisasi ini adalah keharusan bagi Bina Antarbudaya karena ingin membuka peluang yang sama kepada seluruh remaja yang memenuhi persyaratan. Oleh karena itu sosialisasi tidak hanya melalui media konvensional serta media sosial, namun juga kunjungan secara langsung ke sekolah.

Kegiatan dimulai dengan pengantar pihak sekolah yang menyambut baik adanya program pertukaran remaja usia SMA ke manca-negara selama satu tahun karena hal itu berdayaguna bagi pembentukan karakter maupun wawasan peserta didik. Bahkan lebih daripada itu, yakni menggembleng calon pemimpin masa depan.

Huntung Dwiyani yang didampingi Meiry Dintia Arini menjelaskan tentang program pertukaran pelajar yang bernama AFS dan YES. “Untuk AFS negara tujuannya tidak hanya AS, tapi juga Eropa dan Asia Pasifik. Kalau program YES hanya ke AS karena dibiayai oleh pemerintah Paman Sam.”
Dalam ajang sosialisasi itu, selain tanya jawab yang seru, juga dibagikan brosur Bina Antar Budaya, pembagian pin registrasi online serta penayangan vidio dari para peserta AFS/YES asal Kalbar di mancanegara. Lewat tayangan itu pemahaman akan pertukaran pelajar jauh lebih nyata.

Sejak berdiri di tahun 2013, Chapter Pontianak telah memiliki 3 returnee dan 2 siswa sedang berada di manca negara untuk program tahun 2016-2017.
Meiry Dintia Arini selaku pengurus Chapter Pontianak merasa puas dengan kegiatan sosialisasi di SMAN 7 Pontianak ini. “Selain interaksi yang penuh semangat, juga PIN registrasi online dibeli para pelajar. Ini tanda mereka punya animo yang tinggi,” ungkap mahasiswi Polpep yang juga Ketua Kampoeng English Poernama ini.

Adapun masa pendaftaran untuk program AFS/YES tahun 2017-2018 akan ditutup pada 16 April yang akan datang. (nuris)

Written by Nur Iskandar

Hobi menulis tumbuh amat subur ketika masuk Universitas Tanjungpura. Sejak 1992-1999 terlibat aktif di pers kampus. Di masa ini pula sempat mengenyam amanah sebagai Ketua Lembaga Pers Mahasiswa Islam (Lapmi) HMI Cabang Pontianak, Wapimred Tabloid Mahasiswa Mimbar Untan dan Presidium Wilayah Kalimantan PPMI (Perhimpunan Pers Mahasiswa Indonesia). Karir di bidang jurnalistik dimulai di Radio Volare (1997-2001), Harian Equator (1999-2006), Harian Borneo Tribune dan hingga sekarang di teraju.id.

Gotong Royong, Budaya Bangsa yang Tergerus Zaman

Alumni YES Rumuskan Rencana Aksi 2017 dengan Semangat Literasi Nusantara