in ,

Ulama Kalbar Drs H Sabhan A Rasyid Berpulang ke Rahmatullah

teraju. id, Untan – Satu lagi tokoh ulama kharismatik Kalbar menghembuskan napas terakhirnya, Selasa, 4/7/17. Drs H Sabhan A Rasyid, ulama yang berdakwah sejak masa muda hingga keterlibatannya di berbagai lembaga dakwah serta kemasjidan.

Masa SMA diselesaikannya di Pendidikan Guru Agama. Ia kemudian menjadi juru dakwah yang andal dengan retorikanya yang akademis, sistematis, sehingga mudah dicerna berbagai kalangan. Yang istimewa dari Sabhan adalah qiraat qurannya yang fasih. Lagu yang dibawakannya ketika menjadi imam sangat khas. “Surah favorit beliau soal qiamat,” ungkap mantan remaja masjid Syakirin yang kini menjadi ketua masjid Jamiatus Sholihin, Alam Mastar Harahap.

Sabhan juga kerap mengingatkan tentang pentingnya memberantas kemiskinan karena kemiskinan lebih dekat dengan kekufuran. “Sabhan kawan saya satu kampung halaman dan juga satu angkatan di PGA,” ungkap Herman Fauzi.

Herman yang mantan wakil rakyat di DPRD Kalbar hadir di rumah duka Kompleks Untan dan turut menyolatkan. Shalat jenazah dilakukan lebih dari 7 kali di rumah duka karena melubernya petakziah. Jenazah juga akan disholatkan di masjid Muhtadin Untan setelah Zuhur. Almarhum akan dimakamkan di pemakaman muslim BLKI.

Baca Juga:  Airlangga Pantau Komoditas di Pasar Flamboyan Pontianak

Sabhan A Rasyid mengalami penurunan kualitas kesehatan dalam dua bulan terakhir. Ia sempat rawat inap di RSUD Soedarso karena gangguan pernapasan. Sabhan menghembuskan napas terakhir di rumah duka Kompleks Untan sekira pukul 03.40.

Semasa hidup Sabhan tidak hanya berdakwah dari masjid ke masjid, dia juga mengajar mata kuliah agama di universitas Tanjungpura. Beliau juga pernah menjadi legislator di DPRD Kalbar dari Partai Golkar.

Putra tokoh Sambas, A Rasyid ini dikenal sebagai Arifin Ilham nya Kalbar karena gerakan Indonesia berzikir.

Dua saudara kandung Sabhan yang juga tampil di pentas politik dan birokrasi adalah Burhanuddin A Rasyid (mantan bupati Sambas dua periode) dan Ir H Fathan A Rasyid, M. Agr yang pernah mengepalai Bappeda Kalbar serta Direktur di Kementerian Pertanian RI.

Written by Nur Iskandar

Hobi menulis tumbuh amat subur ketika masuk Universitas Tanjungpura. Sejak 1992-1999 terlibat aktif di pers kampus. Di masa ini pula sempat mengenyam amanah sebagai Ketua Lembaga Pers Mahasiswa Islam (Lapmi) HMI Cabang Pontianak, Wapimred Tabloid Mahasiswa Mimbar Untan dan Presidium Wilayah Kalimantan PPMI (Perhimpunan Pers Mahasiswa Indonesia). Karir di bidang jurnalistik dimulai di Radio Volare (1997-2001), Harian Equator (1999-2006), Harian Borneo Tribune dan hingga sekarang di teraju.id.

Nasabah BRI Kecewa Pelayanan Drop di Hari Pertama Kerja Pasca Libur Idul Fitri

Ika Untan Silaturahmi Idul Fitri di Kediaman Rektor Dipenuhi Gelak Tawa dan Pilgub 2018