in ,

Warga Diciduk, Barang Bukti Diangkut Berkat Gencil

WhatsApp Image 2017 04 27 at 20.45.31
Foto: Kondisi lapangan oknum warga yang membuat kegaduhan di kawasan Pattimura Indah

teraju.id, Pontianak  – Aplikasi Gencil membuahkan hasil. Betapa tidak, pelayanan prima Pemerintah Kota Pontianak terasa nyata dalam sebuah aplikasi elektronik yang menyatu dalam genggaman smartphone alias telepon pintar.

Bermula dari laporan yang disampaikan pada pukul 16.22 berupa permohonan tindaklanjut atas adanya kegaduhan di Jalan Pattimura Indah lantaran bernyanyi karaoke terlalu keras. Tak pelak tetangga menjadi terganggu ketentramannya. Apalagi disinyalir pada rumah yang kerap membuat gaduh itu juga melayani jual beli minuman beralkohol. Laporan ke aplikasi Gencil disampaikan oleh warga atas nama Agustinus Leowardy.

Melalui Pontive yang dibaca oleh petugas Pemkot, maka pengecekan lapangan pun dilakukan sesegera mungkin. Pengecekan dilakukan secara terpadu melibatkan aparat Polsek Kota. Ternyata, terbukti benar adanya, di mana pada lokasi Pattimura Indah ada pemutaran musik keras dan penjualan minuman beralkohol jenis arak tanpa izin.
“Laporan Anda telah kami terima dan diteruskan ke Kelurahan Darat Sekip dan Kecamatan Pontianak Barat. Terimakasih.” Demikian laporan akhir via aplikasi Gencil antara pengelola Pontive dengan pelapor, masih dalam satu genggaman aplikasi Gencil via smartphone. Aplikasi Gencil ini memang bisa diunduh secara gratis oleh warga Kota Pontianak.

Tercatat, bahwa pada Kamis, 27/4/17 aparat gabungan telah berhasil mengamankan pemilik sekaligus sejumlah barang bukti. Begitulah aplikasi Gencil membuahkan hasil nyata sejak diluncurkan pertamakali oleh Walikota Sutarmidji pada 28/2/17 untuk jenis gangguan keamanan dan ketertiban. Gencil yang merupakan singkatan dari Goverment and Smart City Landmark memang dirancang untuk menampung keluhan masyarakat, dan cepat ditindaklanjuti oleh aparat.

Saat diluncurkannya aplikasi ini, Walikota Sutarmidji berjanji meningkatkan mutu layanan pemerintah kepada masyarakat. Ia juga berharap aplikasi hasil karya “anak-anak Pontianak” ini bisa menjadi tuan rumah di Kota KhaTULIStiwa.
Hal yang sama diutarakan oleh Direktur Pontianak Digital Stream, Hermawan. “Pada aplikasi Gencil tersedia beberapa pilihan fitur menarik. Selain laporan seperti dilakukan Agustinus, juga ada fitur tentang kuliner, tempat, event, berita, info pangan. Dengan demikian Gencil menjadi wahana pelayanan informasi dalam sebuah genggaman dengan akurasi data Kota KhaTULIStiwa. Ini karya kami untuk kota pintar atau smart city,” ungkapnya.

Di tempat terpisah, pengusaha muda, Subhan Noviar merasa bangga. Bahwa generasi muda Kota Pontianak telah bisa merancang sebuah aplikasi yang dapat digunakan untuk memajukan kota. “Kita bangga aplikasi karya anak-anak Pontianak menjadi tuan rumah di kotanya sendiri, sebelum menyebar ke seluruh Indonesia nantinya,” ungkapnya memberikan apresiasi sebagaimana suatu waktu, Presiden RI Joko Widodo juga memuji aplikasi Gencil ini ketika mendengar penjelasan langsung dari orang nomor satu Pontianak, Walikota Sutarmidji. (Nuris)

Written by Nur Iskandar

Hobi menulis tumbuh amat subur ketika masuk Universitas Tanjungpura. Sejak 1992-1999 terlibat aktif di pers kampus. Di masa ini pula sempat mengenyam amanah sebagai Ketua Lembaga Pers Mahasiswa Islam (Lapmi) HMI Cabang Pontianak, Wapimred Tabloid Mahasiswa Mimbar Untan dan Presidium Wilayah Kalimantan PPMI (Perhimpunan Pers Mahasiswa Indonesia). Karir di bidang jurnalistik dimulai di Radio Volare (1997-2001), Harian Equator (1999-2006), Harian Borneo Tribune dan hingga sekarang di teraju.id.

WhatsApp Image 2017 04 27 at 16.28.04

KEP’s Daily Media and PR-Programme

WhatsApp Image 2017 04 27 at 22.02.04

Sapek, Suling Paret, Suling Keroak Pukau Publik Jakarta