in

Zulfydar: PAN Dukung Sultan Hamid Pahlawan Nasional

WhatsApp Image 2020 07 16 at 15.47.51

teraju.id, Pontianak – Legislator Kota Pontianak yang juga cucu pejuang Kalimantan Barat dari Partai Amanat Nasional (PAN) menyatakan dukungan penuh buat Sultan Hamid II Alkadrie mendapatkan pengakuan negara sebagai pahlawan nasional. Hal itu terkait dengan jasa-jasanya kepada negara dalam bentuk nyata sebagai pencipta lambang negara dan diplomasi di ajang Konferensi Meja Bundar tahun 1949, pelepasan hak kekuasaan Sultan atau raja di wilayah timur untuk bergabung dengan Republik Indonesia.

“Kami anggota DPRD kota Pontianak menyerap aspirasi masyarakat yang berkembang di Pontianak maupun Kalimantan barat, Saya perhatikan dengan hasil riset sejarah semakin banyak tokoh nasional mengusulkan Sultan Hamid pahlawan nasional,” ungkap Zulfydar Zaidar Mochar yang sejak muda juga berjuang terbentuknya Hari Berkabung Daerah di mana ayah Sultan Hamid, yakni Sultan Muhammad juga korban atas agresi militer Dai Nippon Jepang. Zulfydar mengatakan, banyak manfaat negara mengakui kepahlawanan di antara nya Sultan Hamid.

Pontianak bisa menjadi tonggak kebersamaan bhineka tunggal ika untuk membangun Indonesia dan menjadikan kota Pontianak salah satu spot wisata sejarah di Indonesia, Yakni di Kesultanan dan berbagai lokasi yang pernah menjadi titik kesejarahan Sultan Hamid. (kan)

Baca Juga:  Kata Ketua FKUB Kalbar tentang Karya Peserta Lomba Esai Festival Ramadan

Written by Nur Iskandar

Hobi menulis tumbuh amat subur ketika masuk Universitas Tanjungpura. Sejak 1992-1999 terlibat aktif di pers kampus. Di masa ini pula sempat mengenyam amanah sebagai Ketua Lembaga Pers Mahasiswa Islam (Lapmi) HMI Cabang Pontianak, Wapimred Tabloid Mahasiswa Mimbar Untan dan Presidium Wilayah Kalimantan PPMI (Perhimpunan Pers Mahasiswa Indonesia). Karir di bidang jurnalistik dimulai di Radio Volare (1997-2001), Harian Equator (1999-2006), Harian Borneo Tribune dan hingga sekarang di teraju.id.

WhatsApp Image 2020 07 13 at 20.11.43

Webinar: Sultan Hamid II Pengkhianat atau Pahlawan?

WhatsApp Image 2020 07 16 at 19.59.04

Happy Death Day