Home > Berita > Arief Rachman: Spiritualitas Tentukan Keberhasilan Pendidikan

Arief Rachman: Spiritualitas Tentukan Keberhasilan Pendidikan

teraju.id, Tangerang – Keberhasilan dalam bidang apapun sangat erat kaitannya dengan spiritualitas. Hal ini ditegaskan pakar dan praktisi pendidikan Indonesia, Prof Dr Arief Rachman saat hadir memberikan arahan dalam acara Rakernas Bina Antarbudaya di Tangerang, Jumat, 7/4/17.

Arief yang pernah cukup lama menjadi “host” pengajian subuh di salah satu televisi swasta Indonesia ini menguraikan undang-undang sistem pendidikan nasional (Sisdiknas). Pada pasal 1 ayat 1 disebutkan bahwa pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara.

“Untuk itu diperlukan pendidik (guru, red) yang mendidik agar target yang ingin dicapai bisa maksimal,” ungkapnya dengan intonasi suara lemah lembut namun bernas.

Kata alumni AFS ini pendidikan akan berhasil apabila sentuhan pembelajaran mengedepankan iman, qalbu, akal dan perasaan. Maka kualitas akan tumbuh dan berdampak maju bagi kebudayaan.

Baca Juga:  Tahun Kedua, Binabud Chapter Pontianak Siap Sambut Pelajar Asing

“Meningkatkan nilai nilai spiritualitas akan menyebabkan pendidikan memiliki karakter terbaik serta berkualitas,” ungkapnya.

Menyikapi situasi kebangsaan saat ini, Arief menegaskan, aspek spiritualitas ini yang perlu dihayati dan diamalkan. Dengan perilaku akhlak yang mulia dibarengi kerja keras serta kerja cerdas, pendidikan dalam arti sempit maupun luas akan menanjak, berkualitas, dan berdampak. (Azdi/Nuris)

Berbagi itu indah:

Tulis Komentar

comments

About teraju

Check Also

KEP’s ECO City Buat Hafidz Quran Hingga ASN

Bagi yang hafidz Quran 30 juz ini kabar baik. Kami menyediakan tanah dan rumah secara …