in

Himbauan Pasang Umbul-umbul Sultan Hamid Pahlawan Bangsa Indonesia

WhatsApp Image 2020 08 05 at 09.25.08
Umbul-umbul yang terpasang dalam gerakan rakyat di bumi khaTULIStiwa dan merebak ke Kalbar serta belahan kepulauan Nusantara


teraju.id, Nusantara – Di Kalimantan Barat warga perorangan, RT/RW, lurah-kades, camat, walikota-bupati, para anggota dewan-wakil rakyat yang terhormat, yang sedang punya anggaran untuk membuat umbul-umbul menyemarakkan kemerdekaan RI, memperbanyak umbul-umbul Hut Kemerdekaan RI bergambar Sultan Hamid II Alkadrie di bagian paling bawahnya dengan pesan bahwa ada peran warga Kalbar, yakni Sultan Hamid II Alkadrie dalam mendapatkan pengakuan kedaulatan kemerdekaan RI dari Belanda dan negara-negara asing lainnya di PBB melalui Konferensi Meja Bundar di mana Sultan Hamid II adalah Ketua Delegasi BFO (15 negara bagian) selain Negara Republik Indonesia Yogyakarta dan Jakarta yang diwakili sahabatnya Dr Moh Hatta. Sultan Hamid juga berperan besar merancang Lambang Negara yang digunakan NKRI seperti sekarang ini dan insya Allah sampai kiamat ….

“Semoga sentuhan-sentuhan kecil begini punya makna sosialisasi yang mendalam bahwa Kalbar turut mewarnai kancah Kemerdekaan RI 1945-2020,” ungkap sang desainer Tansyah Khumaini selaku Ketua Volunteer Sultan Hamid II Institute.

“Semoga jadi amal jariyah kita bersama sehingga mutawatir dari generasi ke generasi anak cucu-cicit-buyut,” tambahnya. Merah putih pada umbul-umbul adalah sang dwi warna bendera kebanggaan Nusantara sejak dahulu kala. Adapun warna umbul-umbul hijau kuning adalah corak insang khas motif Kota Pontianak sejak berdiri 1771. (kan)

Baca Juga:  LP2M IAIS dan LP2M IAIN Pontianak Jalin Kerjasama Penelitian

Written by teraju.id

WhatsApp Image 2020 08 05 at 08.02.35

Masjid Muda Profesional

WhatsApp Image 2020 08 06 at 05.01.03

Yayasan Sultan Hamid II dan Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Barat