in ,

Lebih dari 50 tahun Hari Pahlawan diperingati, Apakah Sultan Hamid II dikenal?

teraju.id, Malang – pada Sabtu (9/11) Forda IMKALBAR UB (Forum Daerah Ikatan Mahasiswa Kalimantan Barat Universitas Brawijaya) coba mengenalkan tokoh nasional dari Kalimantan Barat, Sultan Hamid 2 kepada masyarakat di Malang. Dengan menghadirkan satu spot pigura Sultan Hamid 2 pada stand Kalimantan Barat di festival Kampung Budaya 2019 yang bertempat di Universitas Brawijaya, Malang. Festival Kampung Budaya yang diselenggaran sehari sebelum Hari Pahlawan, menjadi momen tepat bagi teman – teman mahasiswa Kalbar untuk kembali mengingatkan masyarakat kepada Perancang Lambang Negara.

Beberapa ‘Fun Fact’ tentang Sultan Hamid II juga dijelaskan oleh mahasiswa – mahasiswi yang menjaga stand Kalimantan Barat untuk menarik perhatian pengunjung. “Sultan Hamid II masih turunan dari Sultan Pontianak, berdarah Arab – Indonesia yang menikah dengan perempuan Belanda, Sultan Hamid II juga adalah tokoh yang merancang lambang negara” jelas Mahesa Mauri. Fakta lainnya yang juga diinfokan kepada pengunjung yang hadir mengenai usaha Yayasan Sultan Hamid II yang mengajukan berkas Sultan Hamid II sejak 2016 agar tercatat sebagai Pahlawan Nasional.

Bersyukur, sebagian besar masyarakat dan mahasiswa yang hadir tau tokoh yang merancang lambang negara kita. Sebagian besar pengunjung yang singgah di stand Forda yang mewakili nama Kalbar ini, masih belum mengenal sosok Sultan Hamid II. Hal ini terbukti ketika pengunjung yang hadir mengaku baru tau bahwa Sultan Hamid II berasal dari Kalimantan Barat. bahkan, masih ada beberapa orang tidak mengenal sama sekali Sultan Hamid 2 sebagai Perancang Lambang Negara Indonesia, Garuda Pancasila. Sayangnya, hingga saat ini Sultan Hamid II masih belum tercatat sebagai Pahlawan Nasional. (dhe)

Berbagi itu indah:

Instagram dan Generasi Z

‘TIDAYU Kalimantan Barat’ Pecahkan Malam Puncak Kampung Budaya