in

1000 Guru Kalbar Gelar Teaching and Giving 3 dan Pengobatan Gratis di Kubu Raya

WhatsApp Image 2019 10 23 at 14.14.36 1

Oleh : Mia Islamidewi & Abyan Odhy Dzakwan

Sabtu (19/10) Relawan 1000 Guru Kalbar sejak pagi sudah berkumpul di Jalan Budi Karya untuk mempersiapkan keberangkatan menuju MIS Nurul Mukhlisin Kubu Raya dalam rangka Trevelling and Giving. Kegiatan yang diadakan ketiga kalinya ini bekerja sama dengan Gifted Kids Montessori School yang bertugas melakukan teaching dan Nusantara Sehat serta Seasoldier Pontianak untuk pengobatan dan pemeriksaan kesehatan gratis. Dengan menempuh perjalanan kurang lebih 1 jam, para relawan serta guru-guru dari Gifted School Montessori School sampai di lokasi.

Teaching and Giving atau biasanya disebut dengan Mini Travelling and Teaching ini merupakan salah satu kegiatan dari Komunitas 1000 Guru Kalbar. Perbedaan antara TNT dengan TNG adalah untuk TNT menjangkau sekolah dan desa yang berloaksi di daerah pedalaman serta membutuhkan minimal waktu 3 hari dari keberangkatan hingga kepulangan sedangkan TNG menjangkau sekola dan desa yang berlokasi tidak jauh dari pusat kota.

“Diselenggarakannya TNG yang ke 3 kami bertujuan untuk memotivasi anak-anak, Karena kami sadar, beberapa jam saja bersama mereka takkan cukup untuk mengubah hidup mereka dan menjadikan mereka cerdas seketika. Maka dari itu, tujuan utama dari Program TNG adalah menanamkan mimpi-mimpi kepada mereka agar mereka tidak menyerah dalam menggapai cita-cita mereka. Harapan saya lebih ke para relawan mendapatkan pengalaman untuk mengajar adik-adik ini walaupun profesi mereka bukan guru, walaupun kegiatan ini hanya sehari yang mana tidak cukup untuk menjadikan adik-adik ini pintar dengan instan, para relawan diharapakan mendapatkan pemahaman yang kuat untuk menyikapi permasalahan Pendidikan di Indonesia dan mengambil bagian untuk membantu menuntaskan permasalahan tersebut. Memang tidak mudah menjadi seorang guru tapi bukan berarti sulit, hanya soal niat dan tujuan awalnya saja.” Ujar Andy Kurniawan, Ketua Regional 1000 Guru Kalbar.

WhatsApp Image 2019 10 23 at 14.14.36

Kegiatan Trevelling and Teaching yang ketiga kalinya ini dimulai dengan pembukaan yang diisi sambutan, pemberian bingkisan secara simbolis kemudian ditutup senam bersama yang dipimpin oleh guru-guru Gifted School Montessori School. Tak hanya siswa-siswi dan para relawan yang memenuhi lapangan sekolah tetapi juga orang tua murid dan warga sekitar.

WhatsApp Image 2019 10 23 at 14.14.37

“Dengan adanya program seperti ini siswa tampak lebih semangat belajar, warga sekitar juga bisa cek kesehatan. Jumlah siswa kami pun bertambah semenjak adanya program-program seperti ini. Harapannya dengan adanya kegiatan ini, siswa kami bisa lebih semangat kemudian kakak-kakak tidak jenuh untuk memberi sumbangsi tidak hanya berupa barang tetapi juga ide dan pemikiran.” Ujar Zubairi, Kepala Sekolah MIS Nurul Mukhlisin.

Anak-anak tampak antusias mengikuti kegiatan belajar-mengajar dipandu oleh guru-guru Gifted Kids Montessori School yang membawakan materi bahasa inggris dasar. Di lokal kelas lain, tampak tim kesehatan dari Nusantara Sehat dan Seasoldier Pontianak melayani warga sekitar yang ingin melakukan pemeriksaan kesehatan. Kegiatan ditutup dengan pemberian hadiah dan pembuatan pohon harapan yang berisi cita-cita dari para siswa dan dibantu oleh relawan 1000 Guru Kalbar.

WhatsApp Image 2019 10 23 at 14.14.38

“Karena setiap bulan September kita mengadakan acara Charity kan, terus udah pernah kerja sama dengan 1000 Guru Kalbar sebelumnya jadi kita buat lagi. Harapannya bisa memberikan pengalaman buat guru-guru kita yang biasanya mengajar anak-anak di pusat kota untuk mengajar anak-anak di daerah, terus memberikan pengajaran yang baru buat adik-adik disini dan antara sekolah sama komunitas 1000 Guru Kalbar bisa terus jalin kerjasama untuk program seperti ini.” Pungkas Beatrice, Kepala Sekolah Gifted School Montessori School Pontianak.

Written by teraju.id

Kabinet Jokowi jilid 2

Kejutan! Nadiem Makarim Pimpin Pendidikan, Susi Pudjiastuti Out

koran lama1

Potensi Sejarah Untuk Destinasi Wisata Di Kota Pontianak