in

7 Tips Travelling Sehat Saat New Normal

WhatsApp Image 2020 07 23 at 22.26.22
Ilustrasi Travelling Situasi New Normal. Sumber : DW.com


Oleh : Aditya Wiradimadja

Sejumlah negara mulai melonggarkan aturan pembatasan wilayah atau lockdown, meski berada di tengah pandemi virus corona. Salah satu negara ikut andil dalam mengambil kebijakan itu adalah Indonesia.

Kini pemerintah mulai menggerakan kembali roda perekonomian melalui penerapan New Normal. Salah satunya yaitu kembali dibukanya sektor pariwisata dan pelonggaran pengetatan terhadap para wiasatawan. Dibukanya sektor pariwisata ini membuat banyak orang antusias untuk berlibur kembali, mengingat kurang lebih empat bulan lamanya masyarakat diminta untuk tetap tinggal dirumah karena COVID-19 yang merajalela.

Namun, perlu diingat, meskipun sudah diberlakukannya New Normal, pelonggaran lockdown, dan dibukanya sektor pariwisata, kita juga perlu tetap berwaspada akan ancaman COVID-19.
Jika kamu ingin travelling atau berwisata, kamu tetap harus menjaga kesehatan selama perjalanan liburanmu. Berikut 7 tips travelling sehat selama new normal yang bisa kamu terapkan.

  1. Pastikan Kondisi Kamu Fit!
    Jangan memaksakan diri. Ketika tubuh sedang tidak cukup sehat, maka risiko terkena infeksi virus corona akan semakin besar. Oleh karena itu, sebelum berangkat sebaiknya melakukan pemeriksaan kesehatan terlebih dahulu. Pastikan ketika berencana liburan saat New Normal, tubuh dalam kondisi yang sehat. Lakukan rapid test atau swab test secara mandiri untuk dapat hasil kesehatan yang cukup akurat.
  2. Selalu Gunakan Masker
    Menggunakan masker saat berada di luar rumah adalah sesuatu yang sangat penting. Meskipun kamu sedang dalam kondisi sehat, itu tidak berarti anda terbebas dari virus corona. Bisa jadi anda menjadi carrier dengan status Orang Tanpa Gejala (OTG). Masker berguna untuk mengurangi risiko penularan COVID-19 untuk diri kamu maupun orang lain.
  3. Jaga Jarak Dengan Orang Lain
    Penting bagi kamu untuk selalu jaga jarak dan hindari kerumunan. Jauhilah titik-titik keramaian, seperti Restoran atau Taman Wisata. Menjaga jarak juga berguna untuk mengurangi risiko penularan COVID-19. Minimal harus menjaga jarak sejauh satu meter dari orang lain.
  4. Membawa Bekal Pribadi
    Saat bepergian, ada baiknya untuk membawa bekal makanan sendiri. Tidak ada yang bisa menjamin bahwa makanan dari luar higienis dan bebas dari cemaran mikroba berbahaya. Terlebih berdasarkan kajian ilmiah, virus corona dapat bertahan di benda mati selama 2 jam hingga 5 hari. Jangan lupa untuk selalu mencuci tangan sebelum makan.
  5. Selalu Membawa Hygiene Kit
    Memasuki era New Normal, hygiene kit adalah senjata utama yang wajib dibawa kemanapun saat bepergian. Hygiene kit meliputi hand sanitizer, desinfektan spray, tisu basah, tisu kering, sabun cair, hingga masker cadangan. Jadi, jangan malas untuk selalu rutin menjaga kebersihan meski sedang berwisata.
  6. Check-In Online Pada Tiket
    Jika kamu menggunakan transportasi umum, belilah tiket dan check-in secara online. Dengan cara ini kamu bisa mengurangi kontak fisik dengan orang lain dan dapat meminimalisir penularan COVID-19.
  7. Staycation atau Solo Travelling
    Jika sebelum terjadinya wabah pandemi kamu sering pergi liburan secara beramai-ramai, seperti bersama keluarga besar, teman, komunitas, dan lainya, maka setelah memasuki New Normal tidak ada salahnya untuk Solo Traveling atau Staycation untuk menghindari kontak fisik dalam keramaian orang. Solo Traveling mengunjungi destinasi-destinasi tersembunyi yang belum banyak diketahui orang akan memberi pengalaman tersendiri.
Baca Juga:  Bangun Masjid Para Mualaf

Written by teraju.id

WhatsApp Image 2020 07 23 at 18.21.43

Pitch Perfect 3

WhatsApp Image 2020 07 23 at 22.26.23

Dihujani Kritik, ITB Revisi Syarat Penerimaan Mahasiswa Seleksi Mandiri