in

8 Aturan Tak Lazim Yang Harus Dipatuhi Saat Berlibur Ke Korea Utara!

Ilustrasi Wisata Di Korea Utara Merdeka.com

Oleh : Aditya Wiradimadja

Pekan lalu seluruh dunia dihebohkan oleh isu pemimpin negara Korea Utara, Kim Jong Un dikabarkan kritis akibat gagal operasi jantung. Bahkan ada juga isu yang mengabarkan bahwa Kim Jong Un meninggal. Namun, ada juga yang menepis bahwa kabar tersebut tidaklah benar. Salah satunya negara Korea Selatan juga menepis kabar tersebut. Kesimpangsiuran informasi ini juga membuat seluruh dunia kelimbungan dan penasaran.

Mungkin bagi sebagian orang, berlibur ke Korea Utara itu sama saja dengan cari mati. Pasalnya, Korea Utara dikenal seluruh dunia sebagai negara yang tertutup dan sangat banyak peraturannya. Bahkan warga negara Korea Utara sendiri saja banyak yang takut, apalagi dengan turis.

Tapi, ternyata Korea Utara sudah mulai terbuka dengan wisatawan asing lho. Namun, aturan yang diberlakukan juga tidak sedikit alias seabrek. Kamu enggak bisa bebas melakukan hal-hal sesuka hatimu seperti saat traveling di negara lain. Korea Utara ini punya aturan khusus yang harus kamu taati saat berkunjung ke sana. Jika tidak, bisa saja kamu berkesempatan tidur gratis di penjara atau bahkan tidak bisa pulang lagi.

Tertarik mengunjungi Korea Utara? Tapi sebelumnya kamu harus lihat dulu aturan yang wajib kamu patuhi di sana. Berikut aturan berwisata ke Korea Utara.

1. Wajib Menggunakan Agen Tur Resmi Yang Ditunjuk Pemerintah Korea Utara

Untuk masuk ke negara Korea Utara tidaklah mudah. Kamu harus menaati segala syarat agar diizinkan masuk ke dalam wilayahnya. Tidak seperti negara-negara lain yang hanya mengurus visa turis atau bahkan ada yang membebaskan visa pada negara-negara tertentu.

Lain halnya jika berkunjung ke Korea Utara. Hal pertama yang perlu kamu ketahui adalah mustahil jika kamu pergi ke sana tanpa agen perjalanan resmi yang bekerja sama atau ditunjuk langsung oleh pemerintah Korea Utara. Satu-satunya jalan agar bisa sampai di daratan negara ini adalah dengan mendaftar paket wisata di agen-agen tur yang memang membuka paket wisata ke sana. Salah satunya adalah Korea Konsult dan masih ada beberapa agen wisata lainnya.

2. Hanya Bisa Menggunakan Maskapai Koryo

Ada dua pilihan transportasi untuk pergi ke Korea Utara. Pertama, dengan menggunakan kereta api, kedua dengan pesawat terbang. Untuk moda transportasi kereta api, semua wisatawan bisa menggunakannya kecuali warga Amerika dan Israel. Ada pembatasan untuk kedua warga negara ini, dan hanya boleh datang ke Korea Utara menggunakan pesawat terbang saja.

Untuk moda transportasi udara, hanya ada satu maskapai yang melayani rute ke Korea Utara, yakni Air Koryo yang merupakan maskapai asli negara ini. Menariknya lagi rute penerbangan luar negeri ini hanya bisa dilakukan dari Beijing, China saja.

3. Visa Turis Dengan Aturan Seabrek Wajib Diurus

Pengajuan visa turis di Korea Utara hanya bisa sekali. Jika permohonan visa kamu diterima, maka kamu sudah mendapatkan paket lengkap termasuk akomodasi hotel, guide, paket makan dan biaya lainnya. Tapi dengan catatan negara tempat tinggal calon traveler ini punya hubungan diplomatik dengan Korea Utara yang ditandai dengan adanya Kedutaan Besar di negara tersebut.

Jadi satu-satunya jalan agar bisa sampai di daratan negara ini adalah dengan mendaftar paket wisata di agen-agen tur yang memang membuka paket wisata ke sana. Jadi kamu memang enggak bisa jalan-jalan sendirian.

4. Wajib Didampingi Tour Guide

Saat mendarat di Korea Utara, kamu akan langsung mendapatkan guide resmi dari pemerintah. Ke mana saja kamu pergi, kamu wajib didampingi oleh mereka. Bahkan para guide ini juga akan memberitahukan kepada para wisatawan kapan harus bangun pagi.

Korea Utara tidak memungkinkan orang asing untuk melakukan perjalanan di seluruh negeri tanpa pemandu wisata. Bahkan jika kamu melakukan perjalanan secara individu, dua orang pemandu akan selalu membuntuti ke manapun kamu pergi.

5. Selalu Meminta Izin Untuk Dokumentasi

Sebenarnya kita bebas membawa kamera kemana-mana selama berada di Korea Utara, tapi yang harus kamu tahu adalah tidak semua tempat boleh diambil gambarnya, ada beberapa tempat yang sangat privasi dan haram hukumnya untuk didokumentasikan.

Bahkan sebelum kamu pergi meninggalkan Korea Utara akan ada petugas yang mengecek foto-foto kamu. Kalau ada foto yang melanggar maka petugas akan menyita kameramu, bahkan bisa dipenjara.

6. Jangan Pernah Ngobrol Soal Politik atau Agama

Berbicara politik dan agama di sana adalah haram hukumnya dan merupakan pelanggaran berat. Jika ketahuan, kamu bisa masuk penjara dengan hukuman yang mengerikan.

7. Wajib Hormat Pada Sang Penguasa

Salah satu kegiatan wajib di sana kamu harus hormat dengan membungkukkan badan dihadapan patung raksasa Kim Il-Sung dan Kim Jong-Il. Jika tidak dilakukan, kamu bakal diusir paksa bahkan bisa dihukum berat. Dan lagi, jika kamu ingin mengambil foto patung ini, harus utuh tanpa ada bagian tubuh patung yang terpotong.

8. Dress Code di Destinasi Tertentu

Kebanyakan destinasi yang dikunjungi di Korea Utara adalah monumen dan pemakaman dari para pemimpin yang pernah berkuasa. Salah satu tempat yang selalu ada dalam list perjalananmu adalah Kumsusang Memorial Palace/Mausoleum. Saat berkunjung ke tempat-tempat ini, ada dress code tersendiri sebagai bentuk penghormatan yaitu tidak boleh memakai kaos, celana jeans biru, celana pendek atau rok mini. Pakaiannya harus sopan, jika tidak, kamu akan diusir.

Nah, itulah beberapa aturan yang harus kamu patuhi jika ingin berlibur ke Korea Utara.

Mungkin Liburan ke Korea Utara terdengar banyak aturan, tapi jika kamu suka tantangan, mungkin negara ini cocok buatmu. *

Berbagi itu indah:

LAUDATO SI: Ajaran Paus Fransiskus (2015) tentang Lingkungan Hidup

15 Juta Data Pengguna Tokopedia Dijual Di Dark Web