in

Air Sumber Kehidupan (2)

air sumber kehidupan.3
Kamis, 11 Maret 2021 Kunjungan Bu Lurah Tengah dan Instruktur tanaman Andi Lala (kanan baju hitam). Beliau menyarankan sekali sepekan ada pertemuan gotong royong sambil nebas nebas, bercocok tanam sambil diskusi didampingi Pak Ismail Syailillah (motor Kampung Hijau Bang Jago)


Oleh: M Azdi Thahir

Tiba-tiba HP di saku bergetar. Ada notifikasi whatapps. rupanya ada cekgu Ismail Syailillah mengundang di grup WA, Getarannya semakin bertambah, karena bertambah pula anggota yang masuk. Sapa dan salam ditebar dalam grup “kampung Hijau Bang Jago”begini isi WA grup:

Assalamu’alaikum War. Wab.
Insya Allah besok saya ikut rapat di kelurahan pukul 08.00 silahkan sampaikan masukannya rencana apa aja untuk kebun percontohan kita ini.
Yang jelas setiap hari Sabtu pukul 07.00-08.30 kita sama” turun ke kebun membenahi tanaman” kita sambil bertukar pendapat bagusnya seperti apa …..
Kemudian setiap hari bagi yang punya waktu boleh ke kebon.
Untuk Toga kita beri tulisan nama tanamannya dan manfaatnya.
Mengingat waktu Launching yang di rencanakan bersamaan dengan hari Air sedunia tgl 22 Maret 2021.
Besok ada dua lokasi gotong royong di Gg Belibis dan Gg Pipit.
Demikian atas perhatiannya diucapkan terima kasih
Itu pesan WA hari kamis, tanggal 11 Maret 2021.

Sabtu, 13 Maret 2021 semangat bergotong royong pun tumbuh kembang dimasa pandemi ini, hasilnya terbukti nyata. Minggu pun tuntas sudah “Kampung Hijau Bang Jago”.
Suksesnya gotong royong warga RT 7 dan RW 8 selain dukungan dari ibu lurah Ade Marheni Dewi, S.STP ada seorang sosok entrepreneur muda Kalimantan Barat Aryo Sabrang SP. Alumni Pertanian Untan ’95 ini Juga sebagai Pengurus HIPMI Kota Pontianak. Mencurahkan sepenuh hati jiwa entrepreneur dan semangat entertainmentnya. Kerja keras diikuti kerja cerdas hasilnya pun pasti tuntas. Tak butuh waktu seminggu, dari sumbangan tenaga, pikiran, bahan,alat cat, makanan, dan lain-lain semua menjadi satu kesatuan gerak yang mumpuni. Ternyata kebersamaan itu indah. Hasil pun jadi nyata.

air sumber kehidupan.4
Selain program memperindah lingkungan, penanaman pohon juga dilakukan

Kini RW 7 dan RW 8 yang tergabung di Gang Belibis dan Gang Pipit masih terus berbenah. Ide kreatif pun muncul dari masyarakat, hati sudah terpaut dalam kebersamaan gotong royong. Cinta lingkungan pun jadi terpatri di hati masyarakat.

Baca Juga:  Ketika Demam Keladi Melanda

“Kalo cerite memperindah lingkungan, jangan tanyalah. Karena itu bagian dari kalimat: Kebersihan adalah sebagian dari iman”. Demikian ungkapan Ismail Syailillah yang juga ketua Laziz Mu Prov. Kalbar.

Khairil Anwar warga gang Belibis mengatakan, “Semangat ini sudah lama kite tunggu, makenye dari ngecat sampai tanam pohon cepat kite ngerjekannye”.
Khairil menambahkan,”Tak hanye sampai disini ye, kite tak hanye action untuk keren-kerenan memperingati hari Air Sumber Kehidupan 2021!”.
“Kite bakal Gerakan emak-emak untuk membuat ini menjadi pusat ekomomi baru, tunggu saje tanggal mainnye”.

Pontianak lewat tangan dingin Walikotanya Ir. H. Edi Rusdi Kamtono M.M., M.T., memang punya cara tersendiri mengembangkan Kota Pontianak yang dipimpin periode pertama ini. Tak meninggalkan ciri khas Pontianak sebagai kota air.

air sumber kehidupan.5
Kampung Hijau Bang Jago jadi destinasi kunjungan warga sekitarnya

“Apakah kamu tidak memperhatikan, bahwa sesungguhnya Allah menurunkan air dari langit, maka diaturnya menjadi sumber-sumber air di bumi kemudian ditumbuhkan-Nya dengan air itu tanam-tanaman yang bermacam-macam warnanya, lalu ia menjadi kering lalu kamu melihatnya kekuning-kuningan, kemudian dijadikan-Nya hancur berderai-derai. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat pelajaran bagi orang-orang yang mempunyai akal.” (QS. Az-Zumar [39] ayat 21).

Baca Juga:  I’ll be home for Christmas

Written by teraju.id

air sumber kehidupan

Air Sumber Kehidupan (1)

IMG 20210316 105736 357

Dugaan Penganiayaan di Depan Polisi