Home > Community > Akibat Virus Corona, Mendekat atau Menjauhkan?
Foto: sumber Kanton Image

Akibat Virus Corona, Mendekat atau Menjauhkan?

Oleh: Nandarie Rahma

Minggu (22/03), hingga saat ini Covid-19 atau yang lebih dikenal sebagai Virus Corona masih menghantui Negeri Ibu Pertiwi ini. Dinyatakan terdapat 8 provinsi yang memiliki catatan pasien positif corona termasuk Pontianak. Oleh sebab itu , Bapak Sutarmidji selaku Gubernur Kalimantan Barat meliburkan semua sekolah, mulai dari jenjang PAUD hingga SMA. Bahkan sudah mulai digerakkannya kampanye Kerja Dirumah atau Work From Home.

Selain itu, diberlakukannya juga larangan untuk berkumpul di warung-warung kopi atau tempat-tempat lain apabila tidak terlalu penting. Razia juga akan dilakukan apabila masih terdapat warga yang melakukan aktvitas di luar rumah hanya untuk berkumpul atau nongkrong biasa. Hal ini tentunya sangat berpengaruh pada pola interaksi masyarakat.

Seperti yang disampaikan oleh Jefri Utomo, salah satu Dosen Jurusan Sosiologi, FISIP Universitas Tanjungpura. Beliau menyampaikan bahwa dampak terbesar akibat adanya virus corona ini, yaitu perubahan sosial pada setiap aspek kehidupan terjadi perubahan pola interaksi. Sebelumnya cenderung dilakukan secara langsung menjadi berpola sekunder atau tidak langsung. Kelompok masyarakat atau komunitas di tempat tongkrongan semakin sepi dan berkurang bahkan ditiadakan untuk beberapa hari. Namun, solidaritas pemerintah dengan masyarakat semakin kuat. pemangku kepentingan semakin kuat dan intens.

Baca Juga:  Dokter Paru dari Kedoya Jakarta - Usia 80 - Bekerja Sampai Jam 3 Subuh untuk Sehatkan Pasien Corona

Munculnya virus corona menyebabkan terjadinya perubahan pola interaksi masyarakat yang sangat signifikan dan cenderung kurang baik. Namun, tanpa disadari dari adanya peraturan yang mengharuskan kita mengisolasi diri di rumah membuat kita semakin dekat dengan keluarga. Mungkin awalnya seorang ibu atau ayah yang sangat sibuk dengan pekerjaannya atau seorang anak yang selalu berlatih ekstrakurikuler sehingga tidak memiliki banyak waktu di rumah. Berkat adanya kasus ini membuat mereka memiliki waktu luang untuk keluarga. Virus ini memang menjadikan kita jauh dengan yang lain tetapi justru mendekatkan kita dengan keluarga dan Tuhan. Walaupun virus corona sangat berdampak negatif bagi kehidupan tetapi masih terdapat sisi baik yang dapat kita ambil.

Berbagi itu indah:

Tulis Komentar

comments

About teraju.id

Check Also

A Wonderful Journey That I Never Thought

Oleh: Nangdua Debora Oktariani* Perjalanan luar biasa ini dimulai 5 Januari 2020, setelah melewati semua …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

teraju.id