in

Bangun Literasi Keuangan dari Mahasiswa

Oleh: Tuti Alawiya

Mahasiswa diharapkan dapat membangun literasi keuangan perbankan syariah. Mereka dapat membantu bagaimana keluarga membangun ekonomi dan bisnis Islam itu.

Harapan itu mengemuka dalam pengarahan dekan FEBI IAIN ketika menyampaikan materi pembekalan praktikum.

Menurut Dekan FEBI ketika Sosialisasi mengenai perbankan syariah, pasti yang terlintas di pikiran adalalah bagaimana kita menabung di bank syariah. Kemudian memberi cara menyimpan dan mengatur keuangan tersebut.

“Akan tetapi, kita bukanlah ahli, kita hanya membangun dan menyampaikan apa yang dipelajari selama 3 tahun,” katanya.
Ketika masyarakat menerima gaji, maka hal pertama yang mesti dilakukan ialah bagaimana mengatur pendapatan agar bisa memenuhi tiap-tiap pos pengeluaran.

Mahasiswa memilki corak keberagaman pemikiran, gagasan dan ide-ide yang penuh dengan kreatifitas dalam rangka mewujudkan Tri Darma Perguruan Tinggi, yakni; Pendidikan dan pengajaran, Penelitian, Pengabdian pada masyarakat.

Dalam hal ini perguruan tinggi memiliki peran mendukung memajukan dan mengembangkan ilmu pengetahuan di bidang ekonomi syariah.
“Oleh sebab itu, jangan tinggalkan ekonomi dan bisnis Islam. Terus kembangkan teori untuk masyarakat,” ujar Dekan FEBI, Fachrurazi menyemangati mahasiswa Perbankan Syariah yang hadir pada acara pembukaan dan pelepasan Praktek Kerja Lapangan (PKL) Perbankan Syariah.

Sehubungan dengan kegiatan praktek kerja perbankan syariah atau praktek kerja lapangan program studi Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) IAIN Pontianak, tahun 2019 ini adalah pilot project program unggulan. Hal ini disampaikan dalam silaturahmi dan sosialisasi program. Ini sebagai persiapkan generasi milenial dalam revolusi industri 4.0.

Mahasiswa Perbankan Syariah telah menjalankan sosialisasi literasi transaksi perbankan syariah pada masyarakat Kota Pontianak. Mahasiswa jurusan terkait bersosialisasi di lokasi Kelurahan Tengah 6 kali. Sosialisasi dilakukan di kegiatan kemasyarakatan seperti perkumpulan Ibu PKK Kel. Tengah, Posyandu Lansia, Posyandu Balita, Lomba Posyandu, Perkumpulan orang tua PAUD, dan Acara Pelatihan UMKM Kel. Tengah.
Menyikapi program baru ini Kajur Perbankan Syariah, Nurma Sari optimis.

“Llihat aja kerja kami ndak surut untuk menjadikan FEBI sebagai perguruan tinggi yang dapat menciptakan ekonomi syariah di masyarakat. Kami bangun kerjasama dengan kelurahan di Kota Pontianak untuk angkatan berikutnya. Dan tanggal 16 Oktober penarikan mahasiswa PKL, lalu Sabtu atau Minggu kita penutupan sekaligus kami akan bekerjasama dengan pemerintah Kkota” tutur beliau. (*)

Written by teraju.id

In Memoriam: Ratu Suri Pakunegara Tayan

Digitalisasi Pelayanan Kesehatan, Perlukah?