in

Bimbingan Menulis Buku Pertama di Kelas Rumah Literasi FUAD IAIN Pontianak

WhatsApp Image 2020 07 11 at 12.07.26 1


Oleh: Jauhara Nabilah

Nama saya Jauhara Nabilah saya mahasiswa dari IAIN Pontianak. Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah Program Studi Psikologi Islam.
Alhamdulillah setelah satu semester mengikuti program Rumah Literasi saya dapat menghasilkan satu karya yang sangat berharga. Sampai saat ini saya sendiri masih tidak percaya bahwa saya menyelesaikan tugas dari Rumah Literasi tersebut yaitu menghasilkan sebuah buku. Pada semester ini Rumah Literasi mengambil tema “Biografi”.

Kami menuliskan biografi orang yang berbeda-beda. Saya sendiri menuliskan tentang mama. Buku yang berhasil saya selesaikan ini terdapat sekitar 15.000an kata dengan judul Wanita Serba Bisa: sebuah biografi pahlawan semua orang.

Kesulitan saya pertama kali yaitu ketika menentukan kata. Setelah mencapai target penulisan saya mengirimkan naskah kepada kak Saripaini, pembimbing di kelas kami. Saya diberikan sejumlah arahan untuk merapikan sekaligus memperbaiki tulisan. Saya paling ingat dengan permintaan kak Saripaini untuk mengurangi kata “saya” di dalam naska. Contoh nya “mama saya dan ayah saya bisa kenal karena tante saya”. Katanya terlalu banyak kata “saya” membuat tulisan saya tidak enak dibaca. Ya, setelah saya baca ulang, memang benar. Pada proses layout saya juga dibantu oleh Kak Saripaini, dan untuk desain sampulnya saya dibantu oleh teman saya yang bernama Fairuzah Assyifa.

Baca Juga:  Ibadah Sosial Melalui Zakat

Program Rumah Literasi sangat bermanfaat sehingga saya pun mendapatkan pengalaman yang tak terlupakan yaitu pengalaman pada saat mengetik buku, dan bahkan ketika mencetak buku juga. Karena ini pertama kalinya saya pun awalnya agak kesusahan tetapi berkat Kak Saripaini yang membimbing saya pun akhirnya bisa. Dan berkat Program Rumah Literasi saya percaya bahwa tidak ada yang tidak bisa kalau berani mencoba. Terima kasih Rumah Literasi. (Peserta Program Rumah Literasi, FUAD IAIN Pontianak).

Written by teraju.id

WhatsApp Image 2020 07 11 at 11.54.59

Rumah Literasi: Sebuah Cerita untuk Karya Pertamaku

WhatsApp Image 2020 07 11 at 12.11.24

Anshari Dimyati: We will submit the Original Design of the Eagle Hawk-Garuda Pancasila if this is Clearly lit