in

‘Dadu Keliling Dunia’, Hiburan Berwawasan Google Earth

WhatsApp Image 2020 05 06 at 00.33.45 1
Globe pada Google Earth (Gambar hasil screen capture oleh Uci)

Oleh : Uci Cahyati

Akibat pandemi COVID-19, hampir seluruh kegiatan harus dilakukan di rumah. Keinginan untuk mengunjungi tempat-tempat menarik di seluruh dunia pun harus ditahan dulu mengingat wabah penyakit masih mengganas hingga kini.

Hal itu menjadi perhatian platform Google Earth. Aplikasi tersebut berisikan informasi geospasial yang mana bisa digunakan untuk kalian yang #dirumahaja untuk tetap bisa keliling dunia lewat fitur-fitur dari Google Earth.

Berikut ada 3 fitur yang bisa digunakan untuk melihat dunia hanya dari layar gadget kamu miliki.

1. Fitur ‘Dadu’

Fitur tersebut mensimulasikan pengalaman memutar sebuah globe dengan cara hanya mendaratkan jari oleh pengguna di sebuah tempat yang tidak terduga. Cukup dengan klik tombol ‘Dadu’, kamu bisa belajar tentang negara di dunia dan mengunjungi tempat yang belum pernah kamu singgahi.

2. Fitur Alat Ukur

Fitur ini merupakan alat ukur yang dibuat oleh Google Earth untuk bisa memperlihatkan satuan jarak antartempat yang diproyeksikan pengguna. Jika kamu ingin mengetahui jarak rumahmu dengan menara Eiffel di Paris atau bahkan jarak antar pulau di suatu tempat. Kamu bisa dengan mudah mengetahui jarak antara lokasi yang berbeda, panjang jalur, dan luas tempat. Kamu bisa juga mengubah satuan ukurnya ke satuan smoot serta dapat menghitung berapa lama durasi harus berjalan, berlari, berenang, mendayung, atau terbang ke tempat favorit yang ingin kamu kunjungi.

3. Fitur Voyager

Fitur terakhir yang jadi medium ‘membunuh’ rasa bosan sekaligus dapat pengetahuan. Pada fitur ini berisikan editor’s picks, games, layers, street view, nature, culture, travel serta education. Pengguna bebas mengekspresikan rasa bosannya serta menemukan inspirasi baru melalui fitur-fitur yang tersedia.

Nah, itulah beberapa fitur yang ada dalam Google Earth. Meski hanya dari layar gadget, tentunya aplikasi ini mampu membuatmu terhibur dan kamu juga bisa belajar pengetahuan negara di seluruh dunia.

Sudah berimajinasi ke negara mana hari ini? *

Written by teraju.id

WhatsApp Image 2020 05 06 at 00.33.44

15 Juta Data Pengguna Tokopedia Dijual Di Dark Web

WhatsApp Image 2020 05 06 at 00.33.46

Jadi, Mudik Atau Pulang Kampung?