in ,

Daun Viral Sengkubak Pengganti Vitsin

IMG 20191004 044636 621

Oleh: Hendrikus Adam

Setelah Bajakah, jenis tumbuhan yang daunnya tampak hijau berkilau ini juga sempat viral. Berawal dari berita media yang kemudian diteruskan ke berbagai saluran media masa kini ~ maka makin ramailah kabarnya tersebar.

Sansakng, dalam bahasa Dayak Kanayatn. Sementara dalam bahasa Dayak Sekubang, Seberuang dan dalam bahasa Dayak rumpun Ibanik pada umumnya mengenalnya dengan sebutan (daun) Sengkubak. Jenis daun yang belakangan viral itu.

Daun Sansakng atau Daun Sengkubak dikenal sebagai tumbuhan hutan yang berfungsi menjadi penyedap masakan. Ketika pada masa lalu tidak dikenal micin, leluhur masyarakat di komunitas dan bahkan kini masih menggunakan daun dari jenis tumbuhan ini untuk membumbui sayur.

Daun ubi tumbuk dan rebung, merupakan dua jenis sayur yang kerap diracik bersamaan untuk dicampur bagian dari tumbuhan khas di pulau Kalimantan ini.

Tentu jenis tumbuhan ini tidak begitu asing. Jauh sebeum daun ini viral, saya telah menggunakan namanya sebagai nama group WA bersama sejumlah rekan yang hingga kini masih berfungsi sebagai ruang komunikasi dan silaturahmi bersama.

Bila daun pada gambar ini viral, maka gambar di sebelahnya juga akan ikut ketibaan viral, hehehe. *

Written by teraju

IMG 20191001 082109 444

Keren! Aksi Demo Mahasiswa KalBar Aman dan Bersih

WhatsApp Image 2019 10 04 at 10.17.47

Sosialisasi PKK KB-Kes Desa Jangkang 1