in

Dinas Kesehatan Provinsi Kalbar Sediakan Pemeriksaan Covid-19 Bagi Lansia 60 Tahun Keatas

20200414 Week 3 Ayu Novita Cegah COVID 19

Oleh: Ayu Novita

Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat membuka pendaftaran Rapid Test untuk para lansia 60 tahun ke atas yang dianggap rentan. Yang dimaksudkan rentang ialah masyarakat yang memiliki penyakit kronis seperti Diabetes Melitus (DM), penyakit jantung, paru-paru, tekanan darah tinggi, penyakit ginjal, dan penyakit kronis lainnya.

Pendaftaran Rapid Test ini dapat dilakukan dengan mengirim pesan Whats App melalui nomor 0812-9211-9119 pada pukul 08.00-21.00 WIB atau membuka laman website https://dinkes.kalbarprov.go.id/covid-19/ dan tidak diperbolehkan datang secara langsung apabila belum melakukan pendaftaran online dan belum dikonfirmasi oleh pihak Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat.

Pemeriksaan sudah dimulai sejak Senin (13/04), dari pukul 13.30-16.30 di Laboratorium Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat, Jl. DR. Soedarso, Sungai Raya. Hingga tanggal 20 April 2020 setidaknya sudah ada 295 lansia yang terdaftar dan sudah mengetahui jadwal kapan mereka akan melakukan Rapid Test.

Mengapa Lansia 60 Tahun Ke Atas Dikatakan Rentan Terkena Covid-19?

Seiring dengan bertambahnya usia, tubuh seseorang tentu akan mengalami penurun hormon, kepadatan tulang, hingga fungsi organ-organ tubuh lainnya. Begitu pula dengan sistem imun yang bekerja tidak semaksimal di masa muda. Akibatnya, sulit bagi para lansia melawan bakteri dan virus penyebab penyakit.

Baca Juga:  Arafah Bersamamu

Selain itu tidak sedikit lansia yang memiliki penyakit kronis, misalkan penyakit paru-paru, atau penyakit jantung. Infkesi virus Corona dapat menimbulkan komplikasi yang memperparah kondisi tubuh karena organ-organ tersebut tidak lagi dapat berfungsi dengan baik. Maka minim angka lansia yang terkonfirmasi positif COVID-19 dapat disembuhkan.

Pada hakikatnya, selain melakukan Rapid Test, para lansia tersebut dimbau untuk terus menjaga kesehatan dan kebersihan diri dengan mencuci tangan secara teratur, menghindari berpergian ke tempat-tempat yang ramai, tidak menyentuh wajah dengan tangan yang belum dicuci, dan juga kenakan masker saat terpaksa meninggalkan rumah.

Selain itu, imbauan bagi masyarakat luas agar tidak mudah panik dengan pemberitaan yang ada. Dalami berita berdasarkan sumber-sumber resmi. Untuk wilayah Kalimantan Barat, bisa mengunjungi https://dinkes.kalbarprov.go.id/covid-19/ untuk informasi resmi tentang kasus COVID-19.

Written by teraju.id

WhatsApp Image 2020 04 14 at 23.13.42

Pedagang Pasar Puring Tidak Tahu ada Pembatasan Jam Operasional Pasar

WhatsApp Image 2020 04 14 at 23.54.00

#SocialDistancing Bukan Halangan Coffternoon Berkarya!