in

Family Time Saat Puasa #Dirumahaja

WhatsApp Image 2020 04 25 at 11.10.23

Oleh: Ayu Novita Hasan

Jumat (24/4) resmi menjadi hari pertama berpuasa bagi seluruh umat muslim di dunia. Namun, puasa di tahun ini berbeda dengan puasa di tahun-tahun sebelumnya. Adanya pandemi COVID-19 yang melanda di Indonesia beberapa bulan terakhir ini, mengharuskan kegiatan ibadah puasa dilaksanakan di rumah aja sebagaimana himbauan dari Kementerian Agama.

Masa karantina yang akan berlangsung selama bulan Ramadhan ini sebenarnya bisa dimanfaatkan oleh kita untuk menjadi momen berkumpul bersama keluarga. Menghabiskan banyak waktu bersama keluarga sembari menunggu adzan maghrib tiba. Kira-kira kegiatan apa saja yang bisa dilakukan bersama keluarga selama puasa meski di tengah pandemi ini? Let’s check this out.

1. Bergotong-Royong Membersihkan Rumah

Bersih-bersih rumah sebenarnya memang bisa dilakukan kapan saja. Akan tetapi akan terasa lebih ringan jika dilakukan bersama-sama. Selain itu, selama wabah COVID-19, kita harus menjaga kebersihan rumah dan badan menjadi dua kali lebih bersih dari biasanya. Manfaatkan waktu yang bisa digunakan selama karantina dengan membersihkan sudut-sudut rumah yang mungkin jarang sekali diperhatikan, seperti membersihkan pajangan di rumah, membersihkan rak-rak atau lemari-lemari, membersihkan halaman, dan lainnya.

2. Memasak Menu Berbuka Bersama

Mencoba menu-menu baru yang belum pernah dicoba tentu tidak masalah, bukan? Nah, momen di rumah aja bisa juga diisi dengan memasak menu baru untuk berbuka. Selain sehat, makanan yang kita buat sendiri tentu bisa terjamin kebersihannya. Ada banyak menu pilihan untuk hidangan berbuka yang bisa dicoba di rumah, seperti puding regal, kolak pisang, bola-bola ubi, dan banyak varian makanan yang bisa dilihat di Youtube ataupun Website.

3. Berolahraga

Biarpun sedang berpuasa, bukan berarti kita bisa melewatkan kegiatan yang satu ini. Banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari berolahraga, menjaga kondisi badan agar tetap bugar, juga menjaga tubuh kita agar tidak gampang sakit. Tentunya dibarengi konsumsi makanan yang sehat dan juga vitamin. Nah, olaharga ringan yang bisa dilakukan di rumah yaitu seperti lompat tali, push up, sit up, senam, atau yoga.

4. Memaksimalkan Ibadah Bersama di Rumah

Nah, ini menjadi satu hal yang sangat penting. Mumpung banyak waktu yang kita miliki di rumah, ibadah selama bulan puasa juga bisa dilakukan bersama-sama. Seperti sholat berjamaah dan tadarus bersama. Inshaa Allah tidak mengurangi sedikitpun khidmat beribadah puasa seperti tahun-tahun sebelumnya.

Selain empat tips di atas, sebenarnya masih banyak hal yang bisa dilakukan selama berpuasa di rumah aja, seperti orang tua yang bisa membantu pekerjaan sekolah anak-anaknya, nonton film bersama, atau bahkan menghadirkan permainan-permainan ringan di dalam rumah untuk menghilangkan kebosanan. Dan ingat, rajin mencuci tangan sehabis beraktifitas, dan mandi sesampainya di rumah jika ada beraktifitas dari luar. *

Written by teraju.id

WhatsApp Image 2020 04 25 at 11.07.22

Sambut Ramadhan, UMP Gelar Lomba Online Selama #BelajardariRumah

pic1

7 Rekomendasi Konsumsi Sehat Saat Berbuka Puasa