in

Geliat Dai Muda di Kota Dakwah khaTULIStiwa

dai muda

Oleh: Nur Iskandar

Tadi subuh di Mesjid Sirajul Islam genap sebulan berjalannya program SMK oleh Ikramsis. SMK atau Subuh Menggapai Keberkahan ini bersumbu tema sentral ngecharge: Achievement Motivation Training di kalangan jamaah. Hasilnya dahsyat!

1. Secara terorganisir, Ikramsis atau Ikatan Remaja Mesjid Sirajul Islam punya gawe mingguan. Weekly event. Mau tidak mau selalu ada POAC. Planning. Organizing. Actuating. Controlling. Sebuah model manajemen organisasi dan leadership yang apik. Dilecut waktu subuh yang penuh berkah. Jika 28/10/28 ada sumpah pemuda, maka pemuda remaja mesjid setiap SMK adalah ejawantah menjaga asa, rasa dan karsa untuk khoiru ummah. Untuk ummat terbaik. Masyarakat berbangsa dan bernegara yang baik. Terbaik.

2. Genap sebulan SMK di Sirajul Islam tampil dai dai muda. Ada laboratorium buat mereka naik panggung dan berkiprah di gelanggang. Panggung itu harus diciptakan. Kondisi dikondusifkan. Di dalam dealektikanya, idealisme remaja dan pemuda membingkai asa zamannya yang berbeda dengan sepuh dan pinisepuh. Suka melihat, mendengar, serta menyaksikan penampilan mereka. Hebat. Cerdas. Santun. Tanpa diberikan pentas, kita tidak tahu telah lahir banyak generasi emas yang siap berjibaku. Untuk negeri maju: baldatun thoyyibatun warobbun ghofur. Negeri adil makmur lagi dirahmati Tuhan Yang Maha Kuasa.

dai muda1

3. Telah banyak dai muda bumi khaTULIStiwa yang hafidz quran. Mereka hapal isinya. Tahu teks dan konteksnya. Mereka membawa ayat ayat cinta. Siap berbagi kapan dan dimana saja. Meneruskan estafeta Kota Dakwah. 23/10/1771 Pontianak dibangun mesjid sebagai rumah ibadah pertama barulah disusul istana raja. Baitullah dulu baru negara. Begitu asbab nuzulnya bumi khaTULIStiwa. Demikian literasi sejarahnya. Dan sejarah adalah peristiwa berulang. Mari kita catat dengan tinta emas. Dimana mesjid sebagai pusat dakwah, baldatun thoyyibatun warobbun ghofur. Bersama dai muda tahfidz quran. Putra putri Bumi khaTULIStiwa.

Baca Juga:  Sinergi Kegiatan BPDASHL Kapuas

4. SMK membangun sinergi dai muda. Berbagi ide dan motivasi. Saling AMT. Achievement Motivation Training. Nge-charge batin, jiwa, dan raga. Bahwa dai muda dan jamaah bukan mengejar daripada rupiahnya, tapi ridho Allah. Dai dan jamaah adalah PNS: Pegawai Nabi Shalallahu alaihi wassalam. Pegawai Nabi. Networking dai muda cerdas lagi santun modal sosial mengefektifkan gerakan kesejahteraan umat lewat mesjid. SMK menjadi starting instal power system masyarakat untuk makmur baitullah dengan baitul maal. Esensinya quran dan sunnah. Mesjid makmur, negara pun makmur. Semoga bulan depan Sirajul Islam tambah berkemajuan.

dai muda2

5. Mesjid lokomotif pembangunan ruhaniah dan jasmaniah umat diiikat kuat oleh iman, tegaknya sholat dan zakat, serta tiada sesuatupun yang ditakuti kecuali Allah. Keberanian kelas Nabi itulah sasaran pembagunan seutuhnya. Lahir batin–dunia akhirat. Tanpa sedetik pun takut mati. Ziswaf menjadi kartu As pemindaian umat. Lewat SMK dan tampilnya dai dai muda serta mesjid bernetworking is a super duper power. Enjoying the process. *

Written by Nur Iskandar

Hobi menulis tumbuh amat subur ketika masuk Universitas Tanjungpura. Sejak 1992-1999 terlibat aktif di pers kampus. Di masa ini pula sempat mengenyam amanah sebagai Ketua Lembaga Pers Mahasiswa Islam (Lapmi) HMI Cabang Pontianak, Wapimred Tabloid Mahasiswa Mimbar Untan dan Presidium Wilayah Kalimantan PPMI (Perhimpunan Pers Mahasiswa Indonesia). Karir di bidang jurnalistik dimulai di Radio Volare (1997-2001), Harian Equator (1999-2006), Harian Borneo Tribune dan hingga sekarang di teraju.id.

rakernas amsi

AMSI Rumuskan Strategi Dorong Ekosistem Digital yang Adil bagi Media Online

gernas wakaf uang

Rrrruar biasa Wakaf–Pagi ini Bersama Presiden – Wapres dan Menkeu