in

Kegiatan KKL di Kunyit Hulu

IMG 20190803 104115 895

Oleh: Andi

Sepekan sudah mahasiswa IAIN Pontianak melakukan KKL di Sungai Kunyit Hulu. Kehadiran mereka diterima dengan lapang dada. Selama di lokasi KKL banyak kegiatan yang sudah dilakukan. Baik bentuk kegiatan ibadah maupun sosial. Bentuk ibadah, seperti tausiyah, kultum di waktu shubuh, tadarus Quran, dan pengajian anak- anak. Sementara di kegiatan sosial, seperti bersih bersih lingkungan sekitar sekolah, masjid serta sekitar rumah warga.

Masyarakat dan anak-anak di sana sangat senang dengan kedatangan mahasiswa. Kami disambut dengan ramah tamah dan dilayani dengan cukup memuaskan.

Pak Yasin, pengasuh pondok pesantren Tarbiyatus Sibyan berpesan kepada mahasiswa KKL agar menjaga masalah pakaian karena dekat dengan pesantren saat pembukaan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) IAIN Pontianak 2019.

Setiap pekan warga kampung mengadakan kegiatan Yasinan dan tahlilan, yang dihadiri para sesepuh, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan warga sekitar. Biasanya kegiatan tersebut diadakan setelah salat Isya pada malam Jumat. Kajian kemuslimahan juga diadakan setelah salat Jum’at dengan mengundang penceramah. Serta hataman Qur’an biasa digelar di malam Minggu. Kegiatan dihadiri oleh kalangan ibu dan bapak, serta remaja. Adanya kegiatan ini sebagai tujuan meningkatkan rasa persaudaraan di antara warga sekitar.

Masyarakat setempat memiliki ritual kematian. Ritual kematian ini, diisi dengan tahlilan di rumah duka. Ritual yang dilakukan untuk mendoakan arwah yang telah pergi meninggalkan dunia. Kegiatannya akan dimulai setelah salat Isya secara berjamaah dan akan dipimpin oleh kiyai atau ustadz. Kegiatan diakhiri dengan menyantap hidangan yang disediakan. (*)

Written by teraju

WhatsApp Image 2019 08 01 at 07.20.07

Mahasiswa KKN Kebangsaan Gali Soal Toleransi Siswa di Perbatasan Kapuas Hulu

MG 0034

Pergelaran Antarbudaya dalam ‘Pesta Perpisahan’ oleh Siswa dari Seluruh Indonesia