in

Kelas J.K Rowling: Nasihat dan Motivasi dari Pembina Rumah Literasi FUAD

Oleh: Novie Anggraeni

Memasuki pertemuan ke-10 Rumah Literasi FUAD, pada hari ini kelas J.K Rowling mendapat motivasi dan nasihat mengenai manfaat dan pentingnya program Rumah Literasi oleh Pak Yusriadi. Beluau adalah Pembina Rumah Literasi FUAD.

Awalnya, beliau memberi kejutan. Pada saat masuk ke kelas, semua mahasiswa yang terlambat diminta menunggu di luar. Mereka tidak diizinkan masuk. Ini untuk melatih sikap disiplin agar dapat hadir tepat waktu.

Setelah itu Pak Yus mengarahkan mereka agar wajib menulis, membaca, dan mengikuti seminar. Mengapa demikian?

Karena, dengan mengikuti kegiatan seminar juga penting untuk mengasah ilmu serta mendapatkan pengetahuan dengan mudah secara langsung. Sebab, orang yang menyampaikan materi tersebut pasti telah membaca dan memiliki pemahaman yang luas tentang materi yang akan disampaikannya.

Selain itu, sebagai mahasiswa yang bergelut di bidang akademis, mahasiswa tidak dapat terlepas dari kegiatan kepenulisan. Entah menulis materi yang disampaikan saat kuliah (resume), Makalah, dan lainnya. Adapun beliau mengutip perkataan Sayyidina Ali bin Abi Thalib r.a yakni: “Ikatlah Ilmu dengan menuliskannya”. Ilmu dianalogikan sebagai binatang buas dan menaklukannya ialah dengan mengikatnya.

Beliau juga berpesan agar mereka bisa berkomitmen pada diri mereka sendiri untuk membuat tulisan dan memiliki buku hasil karya pribadi. Bahkan beliau mengatakan, “Jika jumlah karya masih belum sebanyak umur saat ini, maka kalian masih ada hutang dengan kehidupan,” ucapnya kepada mahasiswa kelas J.K Rowling.

Selain itu, beliau juga meminta agar mereka membuat komitmen untuk bisa mengatur diri sendiri dan jangan mau orang lain yang mengaturnya.
Itulah beberapa nasihat sekaligus motivasi yang sangat bermanfaat dari Pak Yusriadi. Aku sangat berharap, dengan adanya petuah dan arahan dari beliau para peserta Rumah Literasi di kelas J.K Rowling semakin terinspirasi dan semangat untuk menulis.

Written by teraju.id

Inflasi dan Potensi Kubu Raya

Kelas Stephen King Menulis Essai Argumentasi