in

ketika Inovasi Menjadi Sebuah Standard

IMG 20200419 002454 783

Oleh Belly Satria (Beng)

Inovasi sepertinya menjadi sebuah keharusan ketika kita ingin menjadi yang terdepan, apalagi di jaman sekarang ini, tidak melulu hanya bisnis, pribadi pun perlu melakukan inovasi agar menjadi lebih dari yang lain.

Namun apakah kita selalu menjadi yang terdepan ketika melahirkan inovasi baru, belum tentu, karena ketika sebuah inovasi lahir maka lama kelamaan hal itu menjadi standard, sebuah keharusan yang harus dijalankan semuanya jika ingin berkompetisi.

Bisa kita liat, dulu digital marketing adalah sebuah inovasi, siapa yang menjalankan digital marketing maka dia yang menjadi juara, tapi jaman sekarang digital marketing adalah sebuah keharusan jika bisnis ingin berkompetisi, sama halnya dengan handphone, dulu touchscreen adalah inovasi baru, tapi sekarang rasanya semua handphone harus touchscreen jika ingin laku dipasaran.

Jadi sekarang ini ketika ingin memulai sesuatu, ntah itu bisnis, ataupun menjadi seorang content creator, ataupun jadi orang yang berkarya, kita harus mulai menyusun apa” saja hal yg belum kita lakukan yang sudah orang lain lakukan, namun tugas tak selesai sampai disitu, kita juga harus membuat sebuah inovasi agar kita dapat menjadi yang terdepan.

Jadi kita harus mulai berpikir bahwa berbisnis ataupun berkarya di internet itu bukanlah sebuah inovasi, namun sebuah keharusan, standard yang harus kita jalankan agar bisa masuk ke persaingan, tapi hal itu baru bisa membuat kita masuk ke persaingan, untuk dapat bersaing kita harus melakukan inovasi.

Eits nanti dulu, ketika kita berinovasi lama kelamaan inovasi kita akan menjadi standard baru, yang akan dijalankan oleh yang lain juga, menjadi lebih dulu bukan berarti dapat memenangkan persaingan, banyak sekali bisnis yang menjalankan inovasi orang lain namun dia yang terdepan.

Ini adalah long journey with no end, dimana kita harus terus berinovasi agar dapat bersaing, terus menerus, seperti yang saya pernah sampaikan, ini adapah pertarungan tak berujung, yang kini menang bisa saja kalah, yang kini kalah bisa saja memenangkan , jadi yakinkan dirimu agar siap berjalan tanpa adanya titik selesai, atau mungkin titik kita selesai adalah ketika kita meninggalkan dunia ini.

Written by teraju.id

leo

Mengubah Diri Sendiri

leo

Terminal Terakhir