in

Masker Sederhana Tanpa Dijahit

WhatsApp Image 2020 07 06 at 21.15.09 1

Oleh: Uci Cahyati

Pandemi Covid-19 belum berakhir, masyarakat dihimbau untuk beradaptasi dengan new normal atau normal yang baru. Hal ini berlaku untuk beragam aspek mulai dari ekonomi, profesi, hingga kebiasaan sehari-hari.

Menjalani kehidupan sehari-hari dalam masa new normal tentu terasa berbeda bagi sebagian orang. Masyarakat diharuskan untuk selalu mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19 dan salah satunya yaitu menggunakan masker. Sejak Covid-19 hadir, masker sudah menjadi keperluan bahkan barang yang wajib dimiliki semua orang. Fenomena ini membuat masker menjadi viral dan dibanderol dengan harga yang bervariasi.

Jadi, daripada harus membeli masker, kenapa tidak coba saja membuatnya sendiri di rumah? Mari manfaatkan barang bekas yang ada! Salah satunya, yakni kaus kaki. Kamu bisa memanfaatkan kaus kaki yang tidak terpakai lagi untuk dijadikan masker. Namun, pastikan terlebih dahulu kaus kaki yang akan digunakan sudah dicuci bersih, ya!

Alat dan Bahan:

  1. Kaus kaki
  2. Gunting
    Cara membuat:
  3. Ambil kaus kaki, kemudian pegang secara terbalik. Bagian bawah di atas dan bagian atas ke bawah.
  4. Ukur pada bagian wajah yang ingin anda gunakan, lalu beri jarak yang rata antara bagian atas kaus kaki dan bagian tumit kaus kaki.
  5. Gunting bagian bawah dari kaus kaki sehingga kaus kaki terbuka di kedua sisi.
  6. Gunting bagian berseberangan dengan bagian tumit sehingga ketika dibentangkan akan terbentuk persegi panjang dengan area tumit di tengah masker.
  7. Lipat masker secara horizontal, potong sedikit celah di kedua sisi atau sekitar 2 cm untuk dikaitkan ke telinga.
  8. Kemudian, bentangkan kembali kain tersebut dan jadilah masker wajah sederhana.
    Masker kain dari kaus kaki sangat mudah dibuat tanpa perlu alat dan bahan yang banyak. Agar lebih terlindungi, kamu juga bisa menambahkan tisu pada bagian dalam masker tersebut. Yuk, cobain!
Baca Juga:  Belajar hidup tentram dari para ‘mbah putri’

Written by teraju.id

WhatsApp Image 2020 07 06 at 21.13.02

Hadir di Istana Qadriyah–UAS pun Terpukau: “Hanya Orang Jahil, Bodoh Saja yang Mempertentangkan antara Islam dengan NKRI”

WhatsApp Image 2020 07 06 at 21.31.58

Protokol Kesehatan UTBK Unpad Jatinangor Sederhana dan Tidak Perlu Rapid Test