in

No Time To Gather

WhatsApp Image 2019 10 18 at 05.48.54

Oleh: Joni Iskandar*

Memasuki semester atas menjadi tantangan bagi mahasiswa Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) ini. Berkumpul bersama teman sekelas meniadi sesuatu penuh perjuangan.

Meskipun hampir 3 tahun bersama-sama, kami tetap akan melanjutkan kebersamaan ini sampai 4 tahun berkuliah bahkan seterusnya. Ketika semester 6 sememangnya kami terpisah karena agenda kegiatan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) 2019 yang diselenggarakan oleh pihak kampus. Kala KKL mahasiswa terbagi dalam berapa kelompok.

Dimulai pada saat pembagian kelompok KKL, satu persatu dari mahasiswa mendapatkan kelompok yang berbeda. Mereka mendapatkan teman baru, suasana baru, dan pengalaman baru.

Hal yang baru dimulai kembali dengan kegiatan PPL yang diadakan oleh masing-masing Fakultas dan Prodi yang ada di kampus IAIN Pontianak. Mereka telah kembali beraktivitas seperti biasanya setelah KKL. Namun, aktivitas kali ini bukanlah aktivitas seperti di dalam lingkungan kampus. PPL itu terjun langsung ke lapangan dalam beberapa waktu yang telah ditentukan.

Segala cara dilakukan mahasiswa yang ingin segera menyelesaikan proposal judul hingga menjelang sidang skripsi. Walaupun dengan menyempatkan waktu yang tidak banyak. Kadang-kadang rindu menyertai kepada teman-teman seperjuangan yang seketika muncul dalam bayangan saat-saat merasa lelah usai berkegiatan yang cukup membuat sibuk. Banyak juga agenda yang direncanakan hanya sekedar kembali bertemu dan bertatap muka, dan mewujudkan saling canda tawa yang mereka rindukan. Namun, itu tidaklah mudah direncanakan. Karena banyak perbedaan waktu luang yang dimiliki masing-masing individu dengan kesibukan tersendiri.

Tetapi semua itu tergantung kepada setiap individu teman kita. Sebagai teman kita harus bisa menjadikan diri kita, untuk bisa memenuhi segala tuntutan teman yang lain. Grup-grup kelas di WA tentunya sudah banyak membahas jadwal kumpul bersama. Semua itu hanya sebagai mimpi jika kita tidak ada kemauan yang tinggi. Semua itu bisa jadi nyata jika kita mau meluangkan waktu kita untuk bertemu. So, semua itu tergantung diri masing-masing.

Dalam ujian terberat mahasiswa semester atas, semester 7 ini maupun selanjutnya adalah no time to gather. Namun semua itu, tidak ada artinya, dan tidak berat dijalani apabila ujian paling terberat diatasi dengan kemauan diri sendiri. Sudah seyogianya solidaritas dan rasa kekompakan membuatnya menjadi happy endingnya. (*Mahasiswa PGMI IAIN Pontianak)

Written by teraju.id

WhatsApp Image 2019 10 17 at 20.04.45

Catatan Akhir Pekan: Menulis Ala Fellowship Kampoeng English Poernama

WhatsApp Image 2019 10 18 at 13.05.28

Peserta Program Ikuti Pelesiran Rumah literasi