in

Mendapatkan Pengalaman di Rumah Literasi

rumah literasi 5


Oleh: Dinda Fasya Aulia Rahmi

Kali ini saya bersama teman-teman yang lain dikumpulkan ke ruangan Club Menulis untuk mengikuti seleksi menjadi Duta Literasi selanjutnya. Diawali dengan penjelasan apa saja yang akan kami lakukan, yaitu editing, layout, hingga mencetak buku. Selanjutnya pemberian bahan yang akan dibagikan ke kami masing-masing kami.

Kemudian saat saya sudah mendapatkan file yang akan saya edit dan teman-teman juga sudah, mulailah saya diberikan instruksi oleh kakak-kakak pembina. Tulisan yang semula bagus diacak lalu tulisan yang sudah selesai diacak itu akan saya edit agar menjadi lebih bagus lagi. Setelah itu kami diberikan syarat yang harus kami gunakan di dalam tugas, yaitu, menggunakan Font “Garamond”, ukuran tulisan 12, dan ukuran spasi 1,15. Untuk judul kami diberikan bebas sekreasi kami dan setiap bab dihias.

Kami diberi waktu 2 jam untuk mengerjakannya. Awalnya saya membetulkan terlebih dahulu syarat yang telah tadi kakak berikan. Lalulah saya mulai mengedit tulisan yang salah, membetulkan peletakan koma titik serta spasi, dan membetulkan jarak/space antar kalimat dan paragraf. Setelah selesai pada bagian tersebut, kami istirahat karena waktu sudah menunjukkan jam 11:55. Kami diberi waktu istirahat sampai jam 13:00, sambil menunggu teman-teman saya sholat, saya makan terlebih dahulu di kantin.

Baca Juga:  Prof. Irwan Abdullah Resmikan IRE Shabab El-kahfi

Waktu istirahat habis, saya kembali ke ruangan Club Menulis untuk melanjutkan pada bagian layout buku. Ada sedikit kendala pada saat pembuatan daftar isi otomatis. Tidak tahu kenapa di laptop saya tidak bisa dan berakhir dengan membuat daftar isi manual. Setelah itu saya menghias per-bab dengan berbagai gambar yang menarik.
Total bab yang ada di buku yang saya edit ada sepuluh, dan itu memakan waktu untuk membuat gambar satu persatu. Saat itu teman-teman saya juga sudah pada selesai dan bersiap untuk pulang. Akhirnya saya bisa menyelesaikannya tepat waktu lalu saya bisa bersiap untuk pulang. Tapi sebelum itu ada salah satu teman saya yang tidak bisa mengirim file karena laptopnya tidak bisa tersambung Wi-Fi. Jadi saya mengidupkan laptop dan memindahkan filenya ke laptop saya menggunakan flashdisk. Lalu saya mengirim lagi file tersebut ke whatsapp teman saya. Setelah itu barulah saya pulang ke rumah.(Peserta Rumah Literasi FUAD IAIN Pontianak)

Written by teraju.id

masri sareb putra

Taktik dan Strategi

masri sareb putra 1

Mati Ketawa Ala Dayak: Tanah Adat