in

Ubah Bad Mood jadi Good Mood Cerita Generasi Milenial atas Suntuk selama Pandemi

mood

Oleh : Nandarie Rahma

Seperti yang kita semua ketahui dunia saat ini sedang dalam kondisi yang tidak baik-baik saja. Pandemi covid-19 yang tidak kunjung selesai membuat banyak sekali terjadi perubahan dalam masyarakat, adanya kebijakan Lockdown dan tetap #dirumahaja membuat masyarakat semakin hari semakin suntuk karena tidak dapat berakrivitas seperti biasa.. Mengutip dari pernyataan profesor epidemiologi psikiatrik di Harvard TH Chan School of Public Health, Karestan Koenen, Ph.D, stres menghadapi pandemi dalam jangka panjang juga dapat memicu gangguan stres pascatrauma (PTSD).

“Stres bisa menjadi sesuatu yang traumatis saat kita merasa tidak mampu mengatasinya,” jelas Koenen dalam berita Kompas.com.

Dimasa pandemi inilah justru kita sebagai generasi milenial dituntut untuk berkembang menjadi pribadi yang lebih kreatif dan aktif, pandemi bukanlah alasan untuk membuat kita bermalas-malasan. Berbagai cerita dari para Generasi Milenial tentang cara menghilangkan stres selama pandemi pun bermunculan dan beraneka ragam. Penasaran apa saja kegiatan mengatasi rasa bosan Anak Milenial ? yuk kita intip sama-sama.

Serba-Serbi Aksi Milenial Dikala Pandemi

“Selama pendemi ini aku mengisi waktu luangku dengan mengikuti beberapa lomba seperti lomba menulis cerpen, dan menulis esai. Namun jika sedang tidak ada perlombaan aku lebih banyak menghabiskan waktu untuk membaca novel” cerita Sabitha (16) , seorang murid kelas 2 SMA dalam mengatasi rasa bosannya.(10/11)

Baca Juga:  Pertama Kali Idul Fitri di Luar Sintang

Lain halnya dengan Sabitha yang mengikuti banyak lomba guna meningkatkan pengalaman dan produktifitasnya selama pandemi, Salah satu generasi milenial lainnya yang bernama Fathan(18) justru memiliki banyak aktivitas yang beragam sebagai upayanya menghilangkan rasa suntuk “tiap kali bosan aku coba dengerin lagu, yang pasti sesuai mood yang bisa ngewakilin isi hati, aku juga sering olahraga di rumah dengan bantuan aplikasi fitify, gak cuman itu loh, karena biasanya aku di depan laptop jadi aku seneng banget membaca, bagi aku membaca bisa jadi pelampiasan kalau aku lagi bosan, selain bisa memperluas pengetahuan, dengan membaca buku bisa mendatangkan inspirasi” Ujarnya sebagai tips dan trik mengatasi bosan.

Selain cerita dari Sabitha dan Fathan, ada cerita menarik lainnya, yaitu bagaimana seorang pelatih Taekwondo yang juga generasi milenial menginisiasi sistem latihan yang mulanya offline menjadi online, “Karena sekarang sedang pandemi dan ga memungkinkan latian seperti biasa, jadi aku beri program latihannya melalui WA , dan menyuruh mereka video in. Jadi biarpun libur mereka latian dirumah masing-masing dengan program yang udah aku kasi” Ungkap Martina Via(20) . Via selalu berusaha agar murid-muridnya dapat terus berlatih dan berkembang, sebagai generasi milenial yang unggul ia pun merubah sistem latihannya dengan melalui media elektronik.

Baca Juga:  Prof. Irwan Abdullah Resmikan IRE Shabab El-kahfi

Cerita-cerita inspiratif ini tentunya tidak hanya itu, masih ada satu cerita yang tidak kalah hebatnya, yaitu datang dari Ananda Hana(18) yang mempunyai Ide Brillian dalam mengatasi masalah pandemi, “Jadi tuh selama pandemi aku bosan banget kan dan ga dapat uang jajan secara kan uda lulus nih, jadi aku mikir mau jualan aja dan setelah aku mikir di masa pandemi ini banyak orang yang butuh masker, jadi aku jualan masker kain tie dye deh”, Ujarnya. Menurutnya, selain berfungsi untuk melindungi dari virus covid_19, masker Tye Die yang ia jual juga dapat membantu fashion atau penampilan orang yang menggunakannya, sehingga orang yang menggunakan masker miliknya tetap dapat tampil modis walau dengan wajah yang sedikit tertutup.

Nah, dari beberapa cerita generasi milenial diatas tidak afdol tentunya jika aku tidak memberi Tips & Trick mengatasi rasa bosan dikala pandemi, oleh sebab itu, yuk simak beberapa Tips & Trick untuk kalian para Generasi Milenial, generasi unggul nan kreatif

Tips & Trick Atasi Suntuk Ala Milenial

Dikutip dari ringtimesbanyuwangi.com, berikut beberapa Tips & Trick atasi suntuk selama #dirumahaja :

1. Masak

Teman-teman generasi milenial tentunya tahu bahwa dikala pandemi ini masyarakat banyak menghabiskan waktunya dengan bermain gadget, salah satu konten yang sempat hitz dikala pandemi adalah tutorial memasak, banyak sekali jenis-jenis jajanan baru yang bermunculan dan menjadi bahan eksperimen para generasi milenial seperti membuat Dalgona Coffe, Corndog, Brownies, dan masih banyak lagi. Nah, kegiatan memasak ini cocok banget nih buat kalian yang bingung mau ngapain dan seneng banget nyobain resep-resep masakan.

Baca Juga:  Dari Rusen Dengan Gunta Wirawan

2. Makan

Jika tips sebelumnya menyarankan kalian untuk memasak, di tips yang satu ini adalah Makan, yup masakan yang sudah kalian buat sebelumnya tentunya bisa kalian makan, dan tahukah kalian, memakan makanan hasil buatan sendiri jauh lebih menyenangkan, tapi ingat ya, jangan sampai kelebihan, karena tidak baik dan justru berakibat obesitas.

3. Mendengarkan Musik

Nah, di tips & trick terakhir ini yaitu mendengarkan musik, mendengarkan musik yang kalian senangi dapat membantu meningkatkan hormon endorfin dan menjauhkan stres.

Dari beberapa cerita dan tips&trick diatas, generasi milenial diharapakan dapat mengubah suasana Bad Mood yang mereka alami menjadi Good Mood, dan tentunya mengajak untuk terus produktif dan kreatif. Buktikan bahwa kita adalah generasi unggul yang selalu dapt beradaptasi dan tidak gampang kalah akan kondisi, terus berkarya dan berinovasi.

Written by teraju.id

mkaa

Menetaskan “Telur” Garuda: Solusi Mengatasi Radikalisme dan Terorisme di Indonesia

Puji Prasetyono kiri saat bersama Gubernur Kalbar H Sutarmidji SH M.Hum dan Prof Dr Chairil Effendy MS

Rektor Universitas OSO Terpilih Masuk Dewan Energi Nasional