in

Bahaya Melihat dari 1 Sisi

Oleh: Erma S Ranik*

Bahaya emang kalau ngeliat dari satu sisi. Coba liat gambar Pangeran William di foto kiri dan di Foto kanan. Diambil saat yang sama dari sisi angle foto yang berbeda.

Untunglah diriku dulu pernah dididik jadi jurnalis. Selalu ingat saat ikut pelatihan ISAI AWARD Juni 1999. Kata Pak Atmakusuma (salah satu pengajar dari Dewan Pers), kalau jadi wartawan dan profesional untuk dapatkan data valid : “Pertama riset tentang narasumber dan isu sebelum wawancara, dan kedua Jangan pernah percaya dengan narasumber atau data. Minimal triple check dengan 3 sumber berbeda, karena semua pihak punya pandangan dan kepentingan yang bebeda”.

Pelajaran tahun 1999 itu masih kebawa hingga kini. Sangat menolong saat aku memasuki dunia profesional usai tak lagi jadi wartawan.

Era sekarang ini dimana dunia medsos bersebaran informasi, kita patut berhati hati. Mari cek informasi yang disebarkan. Agar kita tak terjebak menyebarkan hoax, ujaran kebencian, saling tersinggung akibat postingan di medsos, yang selain ngabiskan energi yang tak perlu, juga bisa berujung pada tindak pidana.

Selamat Hari Selasa, tetaplah kita waspada soal Corona. (*Mantan DPR RI/Ketua DPD Partai Demokrat Kalbar)

Berbagi itu indah:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0

Loyalis Sultan Hamid Bicara Apa Adanya: Sejak Lahir Sampai Wafat Hamid Alkadrie Orang Indonesia, Bukan Belanda!

Thank You Gordon Ramsay!