in

Micro-influencer Marketing

WhatsApp Image 2020 08 15 at 06.24.10

Oleh: Nugroho Henray Ekasaputra *

Influencer marketing merupakan jurus baru yang sering digunakan oleh berbagai perusahaan di Indonesia untuk meningkatkan penjualan ke tahap berikutnya. Dengan menggunakan pengaruh yang dimiliki para selebriti kepada para fans mereka, pemasar kini memiliki satu lagi opsi untuk menjalankan kampanye pemasaran mereka.

Dilansir dari situs Forbes, sebuah survey MuseFind mengatakan bahwa 92% konsumen mempercayai influencer lebih dari iklan atau endorsement selebriti tradisional. Social media sendiri sudah menjadi sebuah platform dimana hampir semua orang menjadi pengguna aktif. Jadi, bisa dibilang social media dan influencer punya kekuatan besar dalam meningkatkan penjualan suatu produk.

WhatsApp Image 2020 08 13 at 15.20.36
Nugroho Henray Ekasaputra

Namun, tidak semua perusahaan dapat mengeluarkan ratusan juta rupiah untuk membayar jasa pemasaran produk melalui akun media sosial para selebriti. Jumlah tersebut tentu memiliki nilai yang sangat besar bagi UMKM dan dapat digunakan untuk biaya operasional mereka selama beberapa bulan.

Oleh karena itu, salah satu jalan pintas yang dapat diambil oleh UMKM adalah dengan berpindah kepada micro-influencer, yaitu mereka yang memiliki followers kurang dari 50,000. Meskipun tidak memiliki jumlah follower yang besar seperti selebriti popular lainnya, namun fanbase yang dimiliki justru lebih relevan dan memiliki kemungkinan untuk melakukan pembelian produk yang ditawarkan.

Baca Juga:  Diar Andiani dan Hidup-Mati untuk AFS--A Beautiful Soul--Catatan In Memoriam

Ditambah lagi, para micro-influencer sebenarnya memiliki lingkungan hidup yang jauh lebih dekat dengan masyarakat pada umumnya. Hal ini membuat promosi yang mereka lakukan akan lebih terpercaya dan relevan di mata masyarakat. Sama halnya seperti mendapatkan rekomendasi dari teman yang jauh lebih powerful dibandingkan sederetan iklan di TV.

Kemunculan micro-influencer akan semakin menjamur pada beberapa tahun ke depan. Hal ini dipercaya akan mendongkrak gaya pemasaran baru yang sebelumnya belum pernah ada di media sosial. (*Penulis adalah Mahasiswa Program Pasca Sarjana Manajemen Universitas Tanjungpura)

Written by teraju.id

WhatsApp Image 2020 08 14 at 19.42.21

Rumah Literasi Gelar Pemilihan Duta Literasi

hidup cara nabi

Kiat dari Nabi: Hidup Aman, Sehat dan Nyaman