in

Sultan Hamid Sang Perancang Lambang Negara, Telusuri Sejarahnya

WhatsApp Image 2020 06 26 at 05.16.48
Turiman Faturahman Nur (tengah) menunjukkan desain Lambang Negara Elang Rajawali Garuda Pancasila dari buku tesis yang ditulisnya dalam tesis Sejarah Lambang Negara di Fakultas Hukum Universitas Indonesia didampingi Ketua Yayasan Sultan Hamid Anshari Dimyati, SH, MH (kiri) dan jurnalis Kalbar Nur Iskandar (kanan).

Oleh: Turiman Faturahman Nur (Peneliti Sejarah Lambang Negara)

Ayo luruskan sejarah hukum lambang negara RI, agar tercerahkan anak bangsa, bahwa yang membuat adalsh Sultan Hamid II salah anak bangsa dari Kalimantan Barat, agar kita optimis dan generasi muda smart menjawab, pertanyaan guru sejarah atau mata pelajaran PKN, maupun Pancasila, jangan membuat generasi “bisu”.

Mengapa demikian? Ketika ditanya siapa penjahit bendera pusaka sang merah putih, semua serentak menjawab ibu Fatmawati Soekarno, dan ketika ditanya lebih lanjut siapa pencipta/pengubah lagu kebangsaan Indonesia Raya, semua bisa menjawab dengan tepat WR Supratman, demikian juga ketika ditanya siapa pencipta lagu Garuda Pancasila, mereka menjawab Sudarnoto, tetapi ketika ditanya siapa perancang, pembuat, atau hasil ciptaan siapa? Atau pendesain lambang negara hasil survei saya selaku peneliti lambang negara “membisu” bingung dan menerka nerka M Yamin, ada juga yang menjawab Bung Karno.

Lalu apakah kita ingin generasi muda kita jadi generasi yang “bisu” dan “buta sejarah”?

Ternyata fakta sejarah hukum adalah seorang anak bangsa yakni SULTAN HAMID II yang selalu distigma “macam macam” ada yang menuduh pengkhianat, ternyata lambang negara RI Elang Rajawali Garuda Pancasila dengan semboyan bhinneka tunggal Ika, ternyata anak bangsa yang hari ini tersingkirkan, dalam peradaban sejarah bangsa, tidak lain SULTAN HAMID II yang disahkan oleh kabinet RIS 11 Februari 1950 seperti dinyatakan tegas oleh M Hatta, didalam buku Bung Hatta menjawab yang kebetulan lagi gencar gencar penataran P4 tahun 1978, halaman 108 dan 112.

Baca Juga:  Ngecharge ke Mesjid Kapal Munzalan Mubarakan

Bung Hatta adalah sosok intelek dan diakui kejujurannya. Bahwa Sultan Hamid-lah Sang Perancang Burung Garuda Pancasila, Lambang Negara yang kita gunakan sekarang adalah hasil karya Sultan Hamid II Alkadrie yang saat itu duduk sebagai Menteri Negara Zonder Porto Folio Kabinet Republik Indonesia Serikat (RIS) yang dipimpin Presiden Soekarno dan Perdana Menteri Muhammad Hatta. *

#sultanHamid2pahlawan, #sultanHamidIIPahlawanBangsa, #sultanhamidpahlawannasional

Written by teraju.id

WhatsApp Image 2020 06 25 at 16.36.42

Seribu Guru Sejarah se-Indonesia akan Webinar tentang Sultan Hamid II

WhatsApp Image 2020 06 26 at 05.50.18

Jawaban Telak seorang Guru di Pedalaman Kalbar terhadap Prof Anhar Gonggong