Home > Community > Benarkah Bluetooth Menggunakan Pulsa?

Benarkah Bluetooth Menggunakan Pulsa?

Oleh: Selly Novira

Fitur Bluetooth sudah tidak asing lagi bagi pengguna handphone maupun smartphone sekarang. Fitur yang sangat memudahkan para pengguna handphone untuk memindahkan file dari satu perangkat ke perangkat lainnya. Bahkan penggunaan Bluetooth sudah semakin luas. Di era revolusi industri 4.0 ini kita semakin akrab dengan namanya speaker wireless, headset wireless, mouse wireless, printer wireless, proyektor yang merupakan inovasi sejak kehadiran Bluetooth ini.

Namun, ada satu informasi yang membuat tidak sedikit orang masih takut menggunakan fitur ini bahkan masih menganggap fitur ini merugikan. Katanya, “Bluetooth itu menggunakan pulsa”, “Bluetooth itu dapat menyedot pulsa”, dan narasi lainnya yang menghubungkan Bluetooth dengan pulsa. Apa iya, Bluetooth menggunakan pulsa?

Ternyata, informasi tersebut membuat kita keliru selama ini. Dilansir dari Wikipedia.id dan Suara.com, aktivitas mengirim dan menerima dari Bluetooth menggunakan sebuah band dengan 79 frekuensi (saluran) yang berpusat pada frekuensi gelombang radio 2,45 GHz. Frekuensi gelombang ini terpisah dari radio, televisi, dan telepon selular itu sendiri. Bluetooth juga sudah semakin berkembang dan meningkat di setiap versinya. Bluetooth saat ini menggunakan dua saluran. Saluran pertama masih berada pada frekuensi gelombang radio 2,45 GHz, saluran kedua disebut frekuensi hopping traceiver yang mampu menyediakan layanan komunikasi data dan suara secara real time yang sudah diterapkan pada Bluetooth versi 4.0. Dengan frekuensi hopping ini tidak akan mengganggu sinyal WiFi.

Jadi, bisa disimpulkan bahwa Bluetooth ini bekerja menggunakan sinyal dari frekuensi gelombang radio, bukan menggunakan pulsa. Sinyal dan pulsa merupakan dua hal berbeda, ya. Adapun jika ada kasus pulsa tersedot saat menggunakan Bluetooth, itu dikarenakan ada aktivitas hacking dengan menggunakan bantuan aplikasi dan memanfaatkan sinyal dari Bluetooth. Dengan catatan, jika ada aktivitas hacking, ya.
Sekarang, sudah tidak perlu takut lagi ataupun merasa rugi saat menggunakan Bluetooth. Pulsa anda akan tersimpan dengan sangat aman.

Berbagi itu indah:

Tulis Komentar

comments

About teraju.id

Check Also

A Wonderful Journey That I Never Thought

Oleh: Nangdua Debora Oktariani* Perjalanan luar biasa ini dimulai 5 Januari 2020, setelah melewati semua …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

teraju.id