Home > Community > Ebook Efektif untuk Anak atau Sebaliknya?
Foto: Sumber freepreschoolbooks.com

Ebook Efektif untuk Anak atau Sebaliknya?

Oleh: Mikhael Hamashiah

Semua orang tentu sudah pada tahu jika buku adalah sumber pengetahuan. Buku memberikan banyak manfaat bagi setiap orang yang membacanya. Terlebih lagi bagi anak-anak, buku memberikan manfaat yang tidak sedikit. Dengan membaca buku, anak-anak dapat memperkaya kosakata mereka. Penelitian yang dilakukan terhadap 36 anak prasekolah berusia 13 bulan mengungkapkan anak yang sering membaca buku menjadi lebih aktif. Mereka memilliki banyak kosakata baru dan akan terus bertambah.

Di era modern sekarang ini ebook sudah menjadi hal yang umum bagi banyak orang. Adanya ebook memberi kemudahan bagi setiap orang yang membacanya. Ebook memudahkan pembacanya untuk menyimpan banyak buku dalam 1 gadget. Ebook juga tidak akan sobek dan tidak akan termakan oleh waktu. Namun, apakah ebook tersebut sangat bermanfaat bagi anak-anak.

Penelitian yang dilakukan oleh National Literacy Trust mengungkapkan membaca melalui ebook membuat anak-anak membaca lebih lama daripada membaca dengan buku biasa. Ditambah lagi membaca ebook tidak terkendala dengan ukuran teks dan bagi anak-anak membaca dengan ebook memiliki stigma yang keren.

Walaupun ebook memiliki kelebihan untuk anak, namun buku versi cetak tetap lebih baik untuk dibaca bersama anak. Buku versi cetak menciptakan banyak komunikasi dan kolaborasi orang tua dengan anak. Interaksi tersebut benar-benar terjadi ketika orang tua dan anak membaca buku versi cetak dibanding membaca ebook.

Membaca buku versi cetak juga mengasah perkembangan sensori. Ketika membaca menggunakan ebook anak hanya menggunakan jari untuk menggeser halaman dan mata mereka. Dengan buku versi cetak, anak dapat merasakan gesekan halaman buku sehingga ia bisa membuka halaman demi halaman. Membaca dengan ebook dapat menghambat pemahaman akan materi yang dibaca sang anak. Hal ini disebabkan oleh pengalihan focus anak ketika membaca buku. Perangkat elektronik akan memberikan notifikasi baru kepada penggunanya. Apabila penggunanya anak maka anak tersebut dapat teralihkan fokusnya akibat notifikasi tersebut.

Ebook tentu telah memberikan inovasi baru dalam dunia pustaka. Ia menawarkan kepraktisan yang tidak terdapat di dalam buku. Namun ebook sendiri masih memiliki kelemahan dibandingkan dengan buku, terutama untuk anak. Akan lebih efektif jika memberikan anak dengan buku versi cetak agar anak yang membacanya dapat berkembang lebih baik lagi.

Berbagi itu indah:

Tulis Komentar

comments

About teraju.id

Check Also

A Wonderful Journey That I Never Thought

Oleh: Nangdua Debora Oktariani* Perjalanan luar biasa ini dimulai 5 Januari 2020, setelah melewati semua …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

teraju.id